Advertisement

ANNA KARENINA novel karya pengarang Rusia ternama, Leo Tolstoy, diterbitkan pada tahun 1877 dan menjadi bagian dari kekayaan sastra dunia. Novel tebal ini mengisahkan hebatnya cinta sebagai kekuatan penghancur manusia. Dunia Anna Karenina, tokoh utamanya, adalah bagian dari keadaan Rusia pada abad ke-19. Untuk memahami tragedi hidup Anna, pembaca harus mengerti keadaan masyarakatnya pada waktu itu. Berbeda dengan novel Tolstoy yang lain, Perang dan Damai, yang berhasil diangkat menjadi lambang manusia universal, Anna Karenina boleh dikatakan menjadi milik sejarah, karena permasalahannya sangat erat dengan kondisi sosial sejaman.

Plot pokok novel ini adalah percintaan yang bermula ketika Anna Karenina, seorang ibu rumah tangga jatuh cinta kepada Count Vronsky. Percintaan itu mula-mula dilakukan secara sembunyi-sembunyi, tetapi kemudian makin terang-terangan ketika cinta mereka makin kuat dan berkobar. Perceraian dan cinta gelap pada abad ke-19 di Rusia adalah sesuatu yang dijauhi masyarakat. Anna dikutuk oleh masyarakat lingkungannya. Sementara itu, ia terombang-ambing antara cintanya pada Vronsky kasih sayang pada anak lelakinya yang harus ditingalkan bila ia bercerai. Mula-mula konflik yang bertumpuk ini dapat diatasi secara berani oleh Anna, tetapi kemudian ia putus asa dan memilih bunuh diri. Tokoh kesayangan Tolstoy dalam novelnya yang realistik ini ialah Levin, yang sebenarnya merupakan gambaran pengarangnya sendiri dan mempunyai plot tersendiri pula. Levin adalah regenerasi spiritual dari Leo Tolstoy yang mengabdikan diri kepada segala pekerjaan yang berguna bagi sesamanya, sehingga ia tidak jatuh ke dalam lembah putus asa seperti Anna Karenina.

Advertisement

Dalam novel ini, kehebatan Tolstoy dalam merangkai cerita diperlihatkannya dengan memasang berpuluh-puluh tokoh pendamping yang muncul dan lenyap sepanjang jalan plot utama, sehingga tercipta sebuah pola bangun cerita yang utuh dan kokoh.

Novel ini telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Koesalah Soebagio Toer dan diterbitkan pada tahun 1985. Buku ini terdiri atas empat jilid setebal kurang lebih 1200 halaman.

Advertisement