Advertisement

Umumnya orang peka terhadap berbagai petunjuk yang terdapat dalam diri orang lain, dan menggunakan petunjuk-petunjuk tersebut guna membentuk kesan. Akan tetapi, tidak semua petunjuk itu dipergunakan. Berdasarkan prinsip-tokoh-dasar, orang langsung mengarahkan” perhatiannya kepada aspek-aspek bidang perseptual yang menonjol tersebut. Dalam pembentukan kesan, petunjuk yang menonjol itu akan sangat banyak dipergunakan. Jika seorang mahasiswa muncul memakai kursi roda di hari pertama kuliah, maka setiap orang yang berada di kelas, akan membentuk kesan yang sangat dipengaruhi kenyataan cacat fisik orang tadi. Pakaian, potongan rambut, dan bahkan usia, ras, dan jenis kelamin mungkin akan dinomor-duakan.

Apa yang menentukan penonjolan sebuah petunjuk dibandingkan berbagai petunjuk lainnya? Sejumlah kondisi objektif tertentu yang jelas, membuat petunjuk menonjol. Kecerahan, kebisingan, gerakan, atau sesuatu yang 1 baru merupakan kondisi-kondisi paling kuat, menurut prinsip Gestalt tentang persepsi objek (McArthur & Post, 1977). Seorang pria yang mengenakan baju hangat berwarna merah terang kelihatan menonjol dalam kelas yang ramai, dan baju hangatnya menjadi bagian yang paling menonjol pada dirinya. Kemudian, mahasiswa yang berdiri dan berteriak-teriak saat kuliah berlangsung meninggalkan kelas, menarik perhatian kita karena dia berisik dan bergerak, dan hampir segala sesuatu yang ada di kelas itu tenang serta tidak bergerak. Seorang mahasiswa berjubah putih serta memakai serban merupakan stimulus yang baru, dan .kita akan kurang memperhatikan orang-orang lain di dalam kelas karenanya.

Advertisement

Jadi, segala sesuatu yang membuat petunjuk di istimewa secara objektifnya dalam konteksnya, secara subjektif akan lebih menonjol, lebih diperhatikan, dan lebih banyak dipergunakan. Petunjuk yang baru menjadi istimewa karena dimensi. waktunya; ia berbeda dari berbagai petunjuk lain yang mendahuluinya sehingga oleh karenanya menarik perhatian kita. begitu pula pencinta musik rock bergaya punk di akhir tahun 1970-an. Kesan terhadap mereka sangat dipengaruhi kecenderungan seksual serta rambutnya yang dicat. Suara keras merupakan hal yang istimewa, sehingga menarik perhatian; kita mungkin kurang memperhatikan pelayan yang menjatuhkan tampanya di sebuah restoran.  Cara penggambaran lain adalah dengan memikirkan keistimewaan petunjuk dalam penggolongan normalnya di dalam masyarakat. Kursi roda, perilaku berlebihan, jubah putih, baju hangat merah, dan rambut merah merupakan hal istimewa dalam penggolongan normal harta milik, perilaku kelas, pakaian, dan warna rambut.

Incoming search terms:

  • Menonjol dalam kelas

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar,

Incoming search terms:

  • Menonjol dalam kelas