Advertisement

APERSEPSI 

1 Apersepsi empiris. Maksudnya kesadaran dari Aku akan adanya keadaan berubah-ubah dari kesadaran. Tugas ini dilaksanakan oleh ego empiris. Ego empiris perlu dibedakan dari ego murni, yang menghasilkan apersepsi transendental.

Advertisement

2. Apersepsi transendental. Kadang-kadang istilah ini diganti dengan ego apersepsi transendental; ego apersepsi murni; kesatuan apersepsi transendental. Yang dimaksud adalah perasaan yang mendalam dan fundamental akan kesatuan kesadaran kita. Aspek kesadaran yang tetap, satu utuh dan bertahan selama perubahan yang langsung muncul dan berlangsung sesaat. hagi Kant, apersepsi transendental merupakan kesatuan kesadaran yang terstruktur (ego murni, diri murni) yang bersifat a priori atau yang mendahului isi persepsi-persepsi kita dan memungkinkan keteraturan dan makna persepsi-persepsi itu dialami. Kesatuan transenden yang terstruktur ini terdiri dari:

a) intuisi-intuisi mengenai tempat dan waktu yang merupakan format (bentuk) yang memungkinkan kita mengamati dan yang tidak menjadi obyek-obyek persepsi, dan

b) kategori-kategori pengertian seperti kuantitas, kualitas, relasi, dan modalitas. Apersepsi transendental dianggap sebagai syarat mutlak perlu untuk memperoleh suatu pengalaman dan untuk mensintesiskan pengalaman ke dalam suatu kesatuan.

Advertisement