Advertisement

CLUPEA
suatu jenis ikan yang bernilai ekonomis tinggi sejak berabad-abad yang lalu. Ikan ini menjadi makanan yang sangat penting bagi hewan laut seperti burung, penyu, dan ikan-ikan pemangsa. Tubuh clupea ramping, kadang-kadang pendek, lebar, dan biasanya pipih. Kepalanya bersisik dan mulutnya kecil. Sisik yang menutupi tubuhnya besar dan tipis. Sirip punggung umumnya terletak di bagian tengah tubuhnya. Panjang sirip duburnya sedang atau sangat panjang.
Umumnya, panjang tubuh clupea yang hidup di laut kurang dari 50 sentimeter. Bagian belakang tubuhnya berwarna hijau keabu-abuan, sedangkan perut dan sisi-sisinya keperakan. Di Indonesia, ikan ini dikenal dengan nama lemuru.
Clupea hidup di samudera dalam kelompok besar. Bila bahaya mengancam, ikan ini menggerombol sangat rapat, sehingga membentuk bola padat. Di laut, clupea tetap berkelompok baik siang maupun malam. Namun, dalam tangki pemeliharaan, clupea cenderung berpencar pada malam hari dan kembali berkelompok pada saat menjelang fajar.

Ikan ini sangat mudah terjaring, sebab kelompoknya besar dan muncul untuk makan serta bertelur pada tempat dan saat yang dapat diramalkan, misalnya pada saat pasang surut. Satu kelompok ikan lemuru, yang panjang dan lebarnya sampai beberapa kilometer, mungkin terdiri atas milyaran ekor.

Advertisement

Umumnya, clupea hidup di perairan daerah utara. Waktu yang paling cocok untuk bertelur adalah musim semi dan musim gugur. Telurnya tenggelam di dasar perairan dan menempel pada ganggang, batu, atau pasir. Di tempat tersebut, telur aman dari pemangsa plankton yang berenang di permukaan air. Setelah menambatkan diri, telur mengalami masa inkubasi selama 11—40 hari. Makin dingin airnya, makin lama masa inkubasi itu. Setelah menetas, anak ikan memakan kantung kuning telur, kemudian makan plankton kecil. Ikan dewasa memakan plankton besar dan udang.

Lemuru Bulan adalah jenis clupea yang hidup di Laut Jawa dan Madura. Panjang tubuhnya menca¬pai 14,5 sentimeter. Sedikit gigi terdapat pada rahang bawah, sedangkan pada rahang atas tidak ada. Satu gigi kecil tumbuh pada langit-langit.

Lemuru Terubuk adalah jenis clupea yang sangat penting dalam usaha perikanan. Benihnya dikeringkan serta diasin, dan disebut telur terubuk. Daerah sebarannya muara sungai Kalimantan, Sumatra, dan Malaysia. Ikan lemuru terubuk ini terdapat di Jawa, Sumatra, Bengkalis, Kalimantan, dan Singapura. Panjang tubuhnya dapat mencapai 5,2 meter.
Klasifikasi Ilmiah. Clupea termasuk suku Clupeidae. Lemuru bulan adalah Clupea bulan lemuru terubuk C. maerura.

Incoming search terms:

  • clupea arti

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • clupea arti