Advertisement

salah satu bahasa pemrograman komputer yang dibuat khusus untuk program aplikasi yang banyak melakukan pengolahan data. COBOL, sing- V: katan dari Common Business Oriented Language, dikembangkan pada tahun 1950 oleh sekelompok pembuat dan pemakai komputer, terutama pada Pemerintahan Amerika Serikat. Seperti halnya FORTRAN, COBOL sudah dibakukan oleh ANSI (American National Standar Institute), sehingga perintah-perintah Jt yang dipergunakan pada COBOL menjadi sama ?l antara satu compiler dan compiler yang lain. Akibat- Isinya, program dalam COBOL mudah dipindahkan dari 5 komputer yang satu ke yang lain, asalkan sama-sama memiliki compiler COBOL.
Tujuan utama pembuatan bahasa COBOL adalah jf agar program yang dibuat mudah dimengerti sehingga S mudah dilakukan penelusuran, sekalipun oleh orang 4 yang bukan penulis program tersebut. Akibatnya, E program yang ditulis dalam bahasa COBOL menjadi II panjang, karena setiap perintahnya merupakan kata-jB kata yang sangat jelas artinya.
Program dalam COBOL terdiri atas empat bagian ;j|B utama, yaitu (1) identifikasi, (2) lingkungan (environ’ ment division), (3) data, dan (4) prosedur.

Divisi Identifikasi berisikan perintah yang menyatakan identifikasi program seperti nama program, nama penulis program, nama instalasi komputer, tanggal ditulisnya dan dikompilasinya program, serta keamanannya. Bagian ini tidak memberikan pengaruh terhadap proses kompilasi.

Advertisement

Divisi Lingkungan menghubungkan divisi Data dan divisi Prosedur (kedua bagian ini tidak bergantung pada mesin komputer) dengan piranti komputer yang akan dipergunakan oleh program COBOL tersebut. Sebagai contoh, dipergunakan perintah SELECT untuk menghubungkan berkas keluaran dengan Pencetak {printer), sehingga pencapaian (akses) piranti tersebut dapsf dilakukan seperti pencapaian berkas biasa. Divisi Lingkungan terdiri atas dua bagian, yaitu Seksi Konfigurasi, yang berisikan perintah-perintah sebagai penjelasan konfigurasi komputer yang dipergunakan, dan Seksi Keluaran-Masukan, yang menghubungkan berkas dengan piranti. Dalam penulisannya Seksi Keluaran—Masukan dibagi atas dua bagian, yakni FILE-CONTROL.

Bagian berikutnya adalah Divisi Data yang terdiri atas tiga bagian, yakni (1) FILE-SECTION, untuk menyatakan (deklarasi) dan menjabarkan struktur berkas yang dipergunakan, (2) WORKING-STORAGE SECTION, untuk menyatakan nama variabel yang dipergunakan, dan (3) SCREEN SECTION, untuk me-nyatakan nama suatu tampilan di layar beserta struktur tampilannya.

Bagian terakhir, Divisi Prosedur, berisi perintah dari program COBOL yang harus dilaksanakan oleh komputer.

Incoming search terms:

  • pengertian cobol

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian cobol