Advertisement

COCCINELLIDAE Yang dikenal sebagai kumbang lembing, ialah suku dalam bangsa kumbang yang bentuknya menyerupai belahan bola. Ukuran dan warnanya beragam. Pada permukaan sayap depannya yang keras sering terdapat bercak-bercak hitam. Kumbang ini tersebar di seluruh dunia, terutama di daerah tropika.

Coccinellinae adalah kelompok kumbang lembing yang larva maupun kumbang dewasanya bertindak sebagai pemangsa. Mangsanya umumnya serangga yang lunak, seperti kutu daun, kutu sisik, dan wereng. Ukuran dewasanya 3—6 milimeter. Sayap depannya berwarna mencolok dan mengkilap. Bercak-bercak pada sayap depan umumnya lebar. Bentuknya agak lonjong. Larvanya berwarna cokelat kehitaman dengan bercak putih atau kuning. Anggota kelompok ini antara lain Coccinella arena ta, Coelophora retiiplaiata, dan Brumus suturalis.

Advertisement

Epilachninae adalah kelompok kumbang lembing yang larva maupun kumbang dewasanya hidup sebagai pemakan daun. Kelompok ini dikenal sebagai hama pada tumbuhan Solanaceae, Cucurbitaceae, dan Malvaceae. Ukuran dewasanya 5—8 milimeter. Sayap depannya yang berwarna kuning kecokelatan ditumbuhi rambut-rambut halus. Warna sayap depannya kelihatan kusam. Jumlah bercak pada sayap depan 12—26 buah. Bentuknya bulat. Larvanya berwarna cokelat muda dan tubuhnya ditumbuhi duri-duri. Anggota kelompok ini antara lain Epilachna sparsa, Scymnus brunueus, dan Henosepilachna sp.
Klasifikasi Ilmiah. Suku Coccinellidae termasuk bangsa Coleoptera. Kelompok ini terbagi atas dua marga, yaitu marga Coccinellinae dan Epilachinae.

Incoming search terms:

  • apa itu coccinellidae

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • apa itu coccinellidae