Advertisement

COLA
Adalah dinasti Tamil di India Selatan yang memerintah sampai sekitar abad ke-I3. Asal mula dinasti ini dihubungkan dengan Raja Karikalan, seorang raja yang berhasil mempersatukan keluarga Deccan dan keluarga Andhra, dan mengaku sebagai pewaris keluarga Uraiyur. Wilayah kekuasaan Cola membentang dari Sungai Vaigai di selatan sampai daerah Tondaimandalam di utara. Kepustakaan dan monumen-monumen arsitektur klasik Cola termasuk periode Sangam, yang bercirikan kebangkitan pemujaan Siwa dan perkembangan pemujaan Wisnu.

Kronologi raja-raja yang memerintah Cola kurang diketahui. Di bawah Raja Vijayalaya (850-870), Cola mulai memperluas kekuasaannya. Usaha ini diterus¬kan oleh Raja Aditya (870-907). Pallawa dapat ditaklukkan. Di bawah pemerintahan Raja Arantaka (907-953), Cola menaklukkan Pandyas, mengalahkan suku bangsa Sinhale, dan menyatukan daerah Pandyas ke dalam pemerintahan Cola sampai tahun 942. Pada masa pemerintahan Rajaraja (985-1014), Cola menguasai Vengi, kemudian menaklukkan Kerajaan Mysore dan menduduki daerah Gangavadi. Menjelang tahun 996, Cola menaklukkan Kerala dan memperoleh daerah Ceylon bagian utara. Pada tahun 1014 Cola berhasil menduduki Laccadive dan Kepulauan Maldive. Di bawah pemerintahan anaknya, Raja Rajendracola Deva (1014-1044), seluruh Ceylon dikuasai.

Advertisement

Untuk melancarkan serbuan-serbuan ke utara, Raja Rajendracola Deva mengangkat anaknya berkuasa di Madurai (ibu kota Pandyas). Dari Madurai, dilancarkan serbuan terhadap raja-raja di Semenanjung Melayu dan di kepulauan. Pada tahun 1017, Sriwijaya diserbu armada Cola, tetapi Cola dapat dipukul mundur. Serbuan terus dilancarkan sampai akhirnya Cola memperoleh kemenangan. Pada tahun 1023-1024, Sriwijaya dan banyak raja di Sumatra dan Semenanjung ke dalam kekuasaannya. Sejak tahun-tahun ini sering terjadi pertempuran antara Cola dan Icerajaan-kerajaan di daerah semenanjung, tetapi sering juga terjadi hubungan baik.

Kekuasaan dan kejayaan Dinasti Cola mencapai puncaknya pada masa pemerintahan Raja Kulottungga (sekitar 1100). Akan tetapi setelah itu Cola diperintah oleh raja-raja yang lemah. Satu per satu daerah kekuasaannya terlepas dan Cola mengalami kemunduran. Pada tahun 1279, Cola mendapat serbuan dari Kerajaan Wijayanagar dan dapat ditaklukkan.

Incoming search terms:

  • arti cola
  • perngertian cola

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • arti cola
  • perngertian cola