Advertisement

COLONNA
Sebuah keluarga bangsawan Romawi yang sangat menonjol pada Abad Pertengahan. Keluarga Colonna ini keturunan seorang Pangeran Tusculum, bernama Pietro. Pada tahun 1064 Pietro mewarisi puri Columna di Pegunungan Alban, dan nama puri itu kemudian dipergunakan menjadi nama keluarga. Sumber kekuasaan dan kekayaan keluarga Colonna adalah tanah feodal milik keluarga di pinggiran Roma, pasukan perangnya, dan berbagai kemudahan dari pihak Gereja. Pada abad ke-I3, banyak anggota keluarga ini yang mempunyai pengaruh besar di Roma, antara lain sebagai pejabat Gereja, tentara, dan senator. Bahkan, ada yang menjadi Paus, misalnya Paus Martinus V (1417-1413).

Sejak awal abad ke-14 sampai akhir abad ke-16, keluarga Colonna terlibat dalam perjuangan memperebutkan pengaruh di Roma. Paus Bonifasius VIII dari keluarga Gaetani, saingan keluarga Colonna, mencoba menghancurkan kekuasaan dan pengaruh keluarga Colonna melalui pengucilan dan perang. Tetapi melalui kerja sama dengan Perancis, mereka berhasil melancarkan balasan. Pada tahun 1303, Paus dikepung di Anagni dan meninggal tak lama setelah itu.

Advertisement

Banyak orang terkenal berasal dari keluarga itu. Antara lain penyair Vittoria Colonna, teman Michelangelo yang dikagumi artis itu dan menjadi alamat soneta-sonetanya.

Advertisement