Advertisement

COMMITTEE TO PROTECT JOURNALISTS
(CPJ), atau Komite untuk Melindungi Wartawan, didirikan pada tahun 1981 untuk melawan sensor dan perlakuan tak patut yang diderita para wartawan di seputar dunia. Organisasi nirlaba ini dikelola oleh para wartawan aktif dari kantor pusatnya di New York, Amerika Serikat. Kegiatannya antara lain melakukan penyidikan, mengeluarkan pernyataan protes, dan mengumumkan penderitaan para reporter, redaktur, penyiar berita, serta media pers secara keseluruhan.
Dalam setahun CPJ rata-rata menulis lebih dari 100 surat protes yang dikirimkan kepada para kepala negara, atau kurang lebih dua surat dalam seminggu. Organisasi ini secara rutin mengumpulkan keterangan tentang para wartawan yang ditahan dan dipenjarakan, serta mendesak berbagai pemerintah untuk membebaskan mereka dan mencabut kembali pembreidelan terhadap suatu media. Organisasi ini juga mengirimkan delegasi yang terdiri atas para wartawan terkemuka ke negara-negara yang para wartawannya meng-alami tekanan yang luas.

Menurut data yang diumumkan CPJ pada bulan April 1984, selama tiga tahun sejak Januari 1981 sam-pai saat itu, di berbagai negara 76 wartawan tewas akibat tindakan kekerasan atau raib, 194 wartawan ditahan atau dipenjarakan di 16 negara. Pengumuman yang sama menyebutkan bahwa selama” masa itu 33 wartawan dilarang menerbitkan karangan mereka atau diusir dari negeri tempat mereka bertugas, 14 penerbitan pers atau media ditutup untuk selamanya, dan 48 edisi penerbitan pers disita.

Advertisement

Advertisement