Advertisement

COMMUNICATIONS SATELLITE CORPORATION
Disingkat Comsat, mewakili Amerika Serikat di organisasi International Telecommunications Satellite Organization (Organisasi Satelit Telekomunikasi Internasional), yang dikenal dengan akronim Intelsat.

Atas persetujuan seluruh anggota Intelsat, yang kini beranggotakan 114 negara, Comsat sekaligus menjadi manajer pengelola 15 satelit geostasioner yang merupakan tulang punggung sistem komunikasi global milik organisasi tersebut.
Indonesia menjadi anggota Intelsat sejak stasiun bumi di Jatiluhur, Jawa Barat, beroperasi pada tahun 1967. Pada rapat Dewan Gubernur ke-72 tahun 1987 di Denpasar, Bali, Intelsat memilih Ir. Jonathan L. Parapak dari Indonesia sebagai salah seorang anggota Dewan Gubernur yang mewakili kelompok ASEAN (Association of South East Asian Nations). Dalam rapat Dewan Gubernur ke-76 yang diadakan tahun berikutnya, 1988, di Madrid, Spanyol, Ir. Parapak terpilih pula sebagai wakil ketua Intelsat. Ir. Parapak adalah Direktur Utama PT Indosat, Indonesian Satellite Corporation. Indonesia mempunyai satelit komunikasi sendiri yang bersifat domestik, yaitu Sistem Komunikasi Satelit Domestik (SKSD) Palapa, sejak satelit pertama diluncurkan pada tahun 1976.

Advertisement

Incoming search terms:

  • pengertian telecommunication satellite
  • apa itu organisasi ITSO
  • pengertian telecomunication satelit

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian telecommunication satellite
  • apa itu organisasi ITSO
  • pengertian telecomunication satelit