Advertisement

COMPACT DISK, PIRINGAN PADAT ATAU CD
Adalah piringan rekaman yang bekerja berdasarkan teknik perekaman digital optis. CD dapat merekam suara, gambar, maupun data lain, misalnya data komputer.

Hasil rekaman suara maupun gambar pada CD lebih baik daripada piringan hitam atau kaset video jenis lama. Sebagai alat penyimpan data komputer, CD dapat merekam banyak sekali data. Dalam satu CD dapat direkam naskah 18 jilid Ensiklopedi Nasional Indonesia ini.

Advertisement

Seperti halnya piringan hitam biasa, piringan CD mempunyai alur-alur. Tetapi, CD tidak memakai sistem magnetik. Pada alur itu data direkam dalam bentuk lubang-lubang kecil yang dibuat dengan sinar laser. Pesawat pemutar menyusuri CD dari pusat ke pinggir juga dengan berkas sinar laser. Berkas ini diuraikan oleh CD menjadi denyut-denyut cahaya. Denyut cahaya ditangkap kembali oleh pesawat pemutar dan diubah menjadi isyarat-isyarat listrik. CD bergaris tengah 12 sentimeter dan diputar mula-mula dengan laju 500 rpm (putaran per menit) dan menjelang akhir (yakni bila berkas laser telah sampai di pinggir piringan) laju menurun menjadi 200 rpm.

Incoming search terms:

  • piringan padat
  • Piringan video

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • piringan padat
  • Piringan video