political science (ilmu politik)

Ilmu politik adalah suatu disiplin akademis, dikhu-suskan pada penggambaran, penjelasan, analisa dan penilaian yang sistematis mengenai politik dan kekuasaan. Ilmu politik mungkin lebih tepat diberi label “politikologi”, sebagaimana sesung-guhnya hal ini terjadi di negara-negara Eropa, selain dikarenakan para praktisinya menolak gagasan bahwa disiplin mereka adalah seperti disiplin ilmu-ilmu alam dan juga karena disiplin itu tidak mempunyai satu bangunan teori atau paradigma yang padu (tidak seperti sebagian ilmu-ilmu alam).

Anteseden sejarah disiplin itu sangat jelas terlihat dalam karya-karya para filosuf politik Barat dalam tradisi kanonikal yang merentang mulai dari Republic-nya Plato, terus The Prince-nya Machiavelli hingga Leviathan-nya Hobbes. Tetapi ilmu politik juga telah berevolusi dari sejumlah bentuk-bentuk lain penyelidikan kuno dan abad pertengahan, khususnya sejarah, ekonomi politik, dan jurisprudensi. Ambisi untuk menciptakan ilmu politik merupakan ambisi lama, paling tidak setua karya Politics-nya Aritoteles, tetapi kesepakatan atas cakupan, metode dan hasilnya masih tetap sulit dimengerti.

Cakupan dispilin ilmu politik kontemporer sangat luas. Subbidang utama dari penyelidikan ilmu politik meliputi pemikiran politik, teori politik, sejarah politik, lembaga politik, analisa politik perbandingan, administrasi publik, kebijakan publik, pilihan rasional, sosiologi politik, hubungan internasional, dan teori-teori kenegaraan.