Advertisement

ARTI KIPAS – Salah satu anggota kelompok burung yang memiliki bulu ekor seperti kipas. Bila burung berge­rak, ekornya selalu diangkat ke atas dan membuka se­perti kipas. Delapan helai bulu ekor di tepi kiri kanan berwarna putih pada ujungnya, sedangkan dua helai di bagian tengah berwarna cokelat seluruhnya. Ciri lain­nya adalah adanya bulu penutup tubuh bagian atas berwarna cokelat kehitaman. Bulu di bagian bawah paruh sampai kerongkongan berwarna putih, dada co­kelat kehitaman, dan perut putih kekuningan. Selaput pelangi matanya cokelat. Kaki dan paruh berwarna hi­tam. Panjang tubuhnya sekitar 17 sentimeter.

Burung kipas biasa dijumpai di daerah dataran ren­dah, yaitu di kebun-kebun atau di pinggir sawah. Di kebun raya, burung ini menyukai daerah rumpun bam­bu. Hewan ini sering terlihat sendiri atau berpasangan. Berpindah-pindah di dahan dengan mengangkat ekor­nya ke atas seperti kipas terbuka dan sayap agak ter­kulai ke bawah. Kadang-kadang terlihat burung ini mematuk semut di tanah. Pakan utamanya serangga.

Advertisement

Sarang burung kipas diletakkan pada dahan pohon atau bambu kecil di kebun-kebun. Dalam satu kali musim berkembang biak dihasilkan dua butir telur berwarna putih atau putih kekuningan dengan bintik- bintik cokelat kekuningan, terutama pada ujung yang tumpul. Di Indonesia burung ini tersebar di Sumatra, Jawa, Bali, dan Kalimantan.

Incoming search terms:

  • arti kipas

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • arti kipas