Advertisement

Kualitas Indrawi

Kualitas-kualitas inderawi ialah 1) pelbagai determinasi atau atribut benda yang digolong-golongkan oleh sensibilitas (kemampuan pengindraan) subjek. Kualitas-kualitas indrawi itu termasuk dalam jangkauan beberapa indra. Misalnya, kualitas bentuk bagi indra penglihatan dan perabaan. Atau kualitas-kualitas indrawi itu hanya menjadi milik indra-indra tertentu. Misalnya, kualitas warna hanya untuk indera penglihatan. Kelompok pertama disebut kualitas-kualitas indrawi umum (common sensibles). Kelompok kedua disebut kualitas-kualitas indrawi khusus (proper sensibles). Menurut pembedaan yang terakhir ini indra-indra individual ditentukan oleh perbedaan-perbedaan yang dialami secara psikologis.

Advertisement

Realisme ekstrem melihat dunia objek-objek sebagai tempat pencerapan subjektif yang beraneka ragam. Sedangkan idealisme epistemologis ekstrem sama sekali tidak melihat adanya kaitan antara pencerapan-pencerapan subyektif dan ciri-ciri objek. Dalam pengertian realisme moderat, kualitas-kualitas pencerapan pantas dipahami sebagai keadaan-keadaan subyektif yang berkaitan dengan objek. Pencerapan-pencerapan seperti itu muncul karena subjek memindahkan data-data yang mengatasi dirinya sedemikian rupa, sehingga sepadan dengan strukturnya sendiri. Dalam hal ini, jenis pemindahan ini turut dikondisikan oleh kecenderungan objek tersebut. Dengan demikian objektivitas pengetahuan terpelihara secara memadai. Dan objektivitas tersebut dapat dipahami secara analog dengan pengetahuan tentang zat kimiawi setelah zat itu bereaksi dengan zat lainnya.

Dalam kualitas-kualitas indrawi khusus terdapat berbagai tingkat objektivitas dan subjektifitas. Bentuk, ukuran dan gerakan lebih objektif. Warna, bunyi dan bau lebih subjektif. Pengaruh subjek atas kualitas-kualitas indrawi, tampak amat jelas dalam hukum energi-energi indra spesifik yang seringkali disebut sebagai kualitas-kualitas indra spesifik. Yang dimaksudkan ialah, indra-indra individual mempunyai potensi reaksi yang cocok satu sama lain dalam dirinya sendiri; sehingga, walaupun ada perbedaan-perbedaan objektif dalam rangsangan-rangsangan (stimuli), ada kesamaan pencerapan, yang dikondisikan oleh organ itu sendiri. Misalnya, baik muatan listrik maupun tekanan fisik yang dikerah- kan pada saraf optik akan menghasilkan jenis pengalaman yang sama, yaitu, pengalaman visual. Pembedaan ke dalam kualitas- kualitas indrawi primer dan sekunder kadang-kadang menunjukkan perbedaan antara kualitas-kualitas indrawi umum (common sensibles) dan kualitas-kualitas indrawi khusus (proper sensibles). Akan tetapi, terkadang pembedaan tersebut mengacu pada perbedaan antara kualitas-kualitas indrawi objektif dan kualitas-kualitas indrawi subjektif.

Incoming search terms:

  • pengertian inderawi
  • inderawi
  • arti kata inderawi
  • pengertian inderawinya
  • kemampuan indrawi
  • Pengertian data indrawi hukum

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian inderawi
  • inderawi
  • arti kata inderawi
  • pengertian inderawinya
  • kemampuan indrawi
  • Pengertian data indrawi hukum