Advertisement

LINGKUNGAN WINA

Inggris: Vienna Circle.

Advertisement

Tujuan Gerakkan ini bertujuan mencapai suatu filsafat yang ilmiah dan menghapus proposisi-proposisi yang kabur, termasuk proposisi proposisi metafisika.

Sejarah Perkembangan

1. Wina merupakan lokasi yang cocok untuk gerakan ini karen; banyak alasan. Sebuah kursi dalam filsafat Ilmu-Ilmu Indukti telah dibangun pada universitas itu tahun 1895 atas nama Erns Mach yang sebenarnya merupakan bapak rohani lingkungan ini Tetapi Wina juga merupakan tempat untuk cendekiawan anti spekulatif lainnya, termasuk Bolzano, Brentano, Marty, Meinong dan juga untuk konvensionalisme Poincare dan Duhem.

2. Sekitar tahun 1920 terdapat suatu kelompok di Wina yang terkesan oleh kemasyuran Mach, sambil bcrharap melengkap karyanya dengan karya Poincare, Duhem, Schroeder, Hilbert Boltzmann dan Einsticn. Kelompok itu meliputi Philipp Frank Otto Neurath, dan Hans Hahn.

3. Sekitar tahun 1920 kelompok itu tertarik kepada karya Wittgenstein dan juga Principia Matbenuitica dari Russell dan White head.

4. Tahun 1922, kursi filsafat Mach diberikan kepada Morit Schlick. Kurang lebih pada saat yang bersamaan Carnap tib di universitas itu dan lengkaplah lingkungan itu, termasu Herbert Feigl, Kurt Goedel, R. von Mises, dan E. Schroedinge (selain anggota yang sudah ada). Serangkaian pertemuan tida resmi tiap Kamis dengan Schlick, yang dihadiri oleh para fil suf maupun ilmuan, membuat kelompok itu hidup terus.

5. Berhubungan dengan lingkungan ini kelompok Berlin yang dibentuk oleh Hans Reichenbach, lingkungan logikawan Warsawa termasuk Tarski, Lukasiewicz, Kotarbinski, dan orang- orang yang berdiri sendiri seperti Rougier di Perancis.

6. Tahun 1929 lingkungan ini menerbitkan suatu paper berjudul Wissenschaftlicbe Weltanschauung, Der Wiener Kreis (Pandangan- Dunia Ilmiah, Lingkungan Wina). Sebuah kongres internasional tentang filsafat ilmiah diadakan pada tahun yang sama. Dari 1930 — 1939 jurnal Erkennlnis diterbitkan sebagai organ kelompok itu. Journal of Unified Science dimulai tahun 1939, dan International Encyclopedia of Unified Science yang diedit oleh Neurath, Carnap, dan Chartes Morris, memulai program penerbitan monografnya. Yang belakangan ini merupakan alat Institute for the Unity of Science, yang didirikan tahun 1936 di Hague dan kemudian pindah ke Boston bersama Philipp Frank.

7. Kelompok ini berpencar karena beberapa alasan: terbunuhnya Schlick tahun 1936; Anschluss Nazi, dan perang tahun 1939. Banyak anggota kelompok ini, maupun juga kawan-kawan dekatnya, pindah ke Amerika Serikat pada periode ini. Rudolf Carnap pergi ke Chicago, Herbert Feigl ke Minnesota, Philipp Frank ke Harvard, Hans Reichenbach ke UCLA, Alfred Tarski ke Berkeley, dan Kurt Goedel ke Princeton.

Incoming search terms:

  • lingkungan wina

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • lingkungan wina