Advertisement

LOGIKA

Inggris: disebut logic, Latin: logica, Yunani: logike atau logikos (apa yang termasuk ucapan yang dapat dimengerti atau akal budi yang berfungsi baik, teratur, sistematis, dapat dimengerti).

Advertisement

1. Teori mengenai syarat-syarat penalaran yang sah. Istilah ini digunakan pertama kali oleh Alexander dari Aphrodisius (abad ke-2 M). Tulisan-tulisan Aristoteles mengenai logika disebut Organon, atau instrumen ilmu. Penalaran bertolak dari satu atau lebih pernyataan yang disebut premis ke suatu pernyataan selanjutnya yang disebut kesimpulan. Bila kesimpulan berasal dari premis-premis secara niscaya, proses itu disebut deduksi: penalaran deduktif, logika deduktif. Bila kesimpulan berasal dari premis-premis dengan derajat kemungkinan, proses itu di sebut induksi: penalaran induktif, logika induktif.

2. Studi tentang aturan-aturan mengenai penalaran yang tepat serta bentuk dan pola pikiran yang masuk akal atau sah. Logika juga dipandang sebagai studi dan penerapan aturan-aturan penarikan kesimpulan pada argumen atau pada sistem pikiran.

Advertisement