Advertisement

MATERIALISME DIALEKTIS

Inggris: dialectical materialism; dari Latin materialii (material) dan dialectics (Yunani: dialektikos).

Advertisement

Ajaran

Inti materialisme dialektis adalah pemutlakkan materi yang bergerak dalam waktu dan ruang atau pengukuhan terhadap becoming (menjadi) yang ada tanpa suatu sebab. Kontradiksi atau pertentang- an di alam yang dikukuhkan oleh teori ini hanya bisa menjad syarat kemungkinan perkembangan lebih jauh, tetapi kontradiksi ltu tidak dapat menjadi landasan perkembangan yang memadai Karena itu, roh manusia tidak bisa menjadi produk perkembangan alam secara murni yang naik dari yang lebih rendah kepada yang lebih tinggi, karena roh manusia mengandaikan suatu sebab yang memadai supaya bekerja di dalam alam inorganis dan organis Selanjutnya, ontologi materialisme dialektis hanya bisa membanguf sejenis realisme tetapi bukan monisme materialistis. Juga, realita yang berkontradiski dengan dirinya sendiri, dan inilah yang dituntut oleh dialektika materialistis, sama sekali tidak ada.

Inti pandangan ini dap.it dilili.it dalam beberapa alirar materialisme.

1. Materialisme dialektis adalah pembenaran filosofis yang bersifat tentatif terhadap tesis ekonomi dan politik Karl Max. Teori in dikerjakan dan dirumuskan terutama oleh Friedrich Engels Kalau materialisme historis mencoba membuktikan materialita: (kebendaan) dan karenanya juga perkembangan niscaya sejaral manusia hingga komunisme, materialisme dialektis tidak ragu ragu mengakui materialitas semua eksistensi. Juga dengan car; ini semua keraguan mengenai penjelasan materialistis tentanj sejarah akan dialihkan kepada dasar-dasar ontologis.

Di kalangan pendukung materialisme dialektis tidak ad; kesatuan perihal objeknya. Biasanya dikatakan, dengan meng ikuti Engels, bahwa objek materialisme dialektis adalah “hukum-hukum alam, masyarakat dan pemikiran yang paling uni versal”. Tetapi kemudian dikatakan bahwa objek materia I umc dialektis adalah “hubungan pemikiran dan eksistensi, pikiran dan alam”.

perkembangan atau evolusi. Ini mencakup gerakan dari yang lebih rendah kepada yang lebih tinggi, dari materi mati ke- pada kehidupan, persepsi, kcsadaran. Perubahan tiba-tiba yang terjadi dalam tesis dipersiapkan oleh perubahan-perubahan kuan- titatif yang dilanjutkan Imigga mencapai titik kritis yang unik bagi masing-masing hai <mis air panas mencapai titik didih). Namun kalau batas ini dilampaui, suatu hal yang baru secara kualitatif (mis. uap) muncul di dalam suatu lompatan dialektis sebagai negasi terhadap hai yang sebelumnya (antitesis). Negasi terhadap negasi mcniijii kepada tahap ketiga (sintesis). Dalam pada itu sintesis memberikan pcrmulaan baru yang lain: proses dialektis terus-menerus naik tanpa hentinya ibarat spiral yang menaik.

Epistemologi materialisme dialektis mengukuhkan dua hal:

a) kesadaran manusia muncul melalui suatu lompatan dialektis dari materi yang organisasinya kurang dan

b) kesadaran manusia adalah gambar atau wakil yang tepat dari hal-hal sekitarnya. Menurut Lenin, persepsi kita (dan dalam arti lebih luas bahkan konsep-konsep kita) merupakan “refleksi-refleksi” tepat atas “realitas objektif”.

Dialektika subjektif pemikiran berkaitan dengan dialektika objektif (materi berkembang, ter bentang menurut dialektika. Kurena eksistensi yang diperkirakan mempunyai kontradiksi dalam dirinya tidak dapat ditangkap memadai oleh logika formal dan prinsip kontradiksi logika, tetapi juga karena tidak ada pernyataan yang berarti Input menolak sepenuhnya logika formal, maka materialialisme dialektis mencoba membangun suatu logika “dialektis” baru untuk menggambarkan eksistensi (yang penuh dengan kontradiksi-kontradiksi) sedemikian rupa sehingga tidak mengandung kontradiksi. Kriteria tertinggi bagi kesahihan pengetahuan adalah kehidupan praktis. Yakni, proses transformasi realitas objektif oleh manusia yang seluruhnya bersifat ekonomis, atau dengan kata lain: produksi barang-barang konsumen dan perjuangan komunisme. Karena evolusi elementer dunia, yang tidak tergantung pada kehendak manusia, diandaikan berlangsung pula dalam arah yang sama ini, maka demikian pula insersi-diri (masuknya diri) secara sadar ke dalam proses ini sesuai dengan realitas dan karenanya benar dan tepat. Kehidupan praktis diarahkan oleh partai komunis yang benar-benar mengetahui jalan menuju tujuan dan karenanya membuat keputusan akhir dalam setiap bidang pengetahuan dan kehidupan. Dari struktur ini timbul dua dalil metodologis utama materialisme dialektis: yakni, kesatuan teori dan praktek dan suatu filsafat yang menopang partai komunis.

Incoming search terms:

  • materialisme dialektis
  • materialisme dialektika
  • dialektika materialisme
  • pengertian dialektika materialisme
  • pengertian materialisme dialektis
  • Dialektika materialisme adalah
  • materialisme dialektis adalah
  • materialisme dialektika adalah
  • contoh materialisme dialektik
  • Makna materialistik dialektis

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • materialisme dialektis
  • materialisme dialektika
  • dialektika materialisme
  • pengertian dialektika materialisme
  • pengertian materialisme dialektis
  • Dialektika materialisme adalah
  • materialisme dialektis adalah
  • materialisme dialektika adalah
  • contoh materialisme dialektik
  • Makna materialistik dialektis