Advertisement

Selain mempelajari berkorelasi neurofisiologis kreativitas dan perubahan kesadaran , variabel psikososial menuntut pertimbangan . Bentuk-bentuk di mana pengalaman kreatif disajikan tidak dapat dipisahkan dari orang atau pembuat dan budaya yang ia adalah bagian. Penelitian lintas budaya telah menunjukkan bahwa pola harapan dalam suatu budaya tertentu memiliki apriori pengaruh pada pengalaman kreatif .

Efek dari psychedelics pada kreativitas tergantung pada lebih dari efek neurofisiologis mereka, yang diproduksi oleh interaksi antara faktor obat farmakologis ( jenis , dosis ) , faktor psikososial jangka panjang ( budaya , kepribadian , sikap , pengetahuan, kepercayaan , pengalaman sebelumnya) , faktor psikososial langsung (mood , harapan , kelompok suasana ) , dan faktor situasional ( pengaturan , instruksi , implisit dan eksplisit tuntutan ) . Misalnya, antropolog yang telah mengamati efek ayahuasca antara orang-orang pribumi di Amazon komentar bahwa efeknya berbeda , kadang-kadang mencolok , sesuai dengan latar belakang lingkungan dan seremonial terhadap yang diambil , bahan-bahan yang digunakan dalam persiapannya , jumlah obat menyerap , dan harapan pada bagian dari minuman keras .

Advertisement

Studi formal kreativitas hanya tanggal kembali ke 1950 alamat presiden Guilford kepada American Psychological Association di mana ia mendesak rekan-rekannya untuk mengejar daerah diabaikan ini dan , kemudian , mengusulkan struktur -of – kecerdasan modelnya dengan perbedaan yang antara konvergen dan divergen ( atau lateral) berpikir . Hubungan antara perubahan keadaan kesadaran dan berpikir divergen dibuat , dan investigasi dari hubungan antara obat-obatan , hipnotis , dan kreativitas diikuti , segera diikuti oleh studi tambahan negara diubah dan transisi . Sementara itu, sejumlah peneliti mengambil posisi skeptis mengenai pentingnya berpikir divergen dalam kreativitas . Sejumlah studi meneliti kinerja ilmuwan pada tes berpikir lateral menemukan bahwa ilmuwan yang sangat kreatif tidak menggunakan pemikiran lateral lebih sering daripada ilmuwan kreatif kurang pada tes ini .

Incoming search terms:

  • mekanisme psikososial adalah

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • mekanisme psikososial adalah