social mobility    (Modernitas)

social mobility modernity

Modernitas mengacu pada sebuah periode historis yang bermula di Eropa Barat melalui serangkaian perubahan sosial, budaya, dan ekonomi selama abad 17, dan biasanya dicirikan dengan tiga hal yang pertama, dalam bidang budaya, pengandaian pada penalaran dan pengalaman menyebabkan pertumbuhan ilmu pengetahuan dan kesadaran ilmiah, sekularitas, dan rasionalitas instrumental yang kedua, sebagai moda kehidupan didasarka i pada pertumbuhan masyarakat industri, mobilitas sosial, ekonomi pasar, kemelekan huruf, birokratisasi dan konsolidasi negara-bangsa dan yang ketiga, ia membesarkan sebuah konsepsi bahwa manusia adalah bebas, otonom, bisa mengendalikan diri, dan refleksif. Bertentangan dengan pemikiran tradisional, modernitas bisa dikonseptualisasi sebagai moda pengalaman-pengalaman pribadi dan sosial yang dimiliki oleh pria maupun wanita di seluruh dunia akibat adanya ekspansi dan prestise dari penyelidikan ilmiah, inovasi teknologi, model-model politik dari demokrasi dan perbatasan negara-bangsa, dan pendorong bagi pertumbuhan mandiri. Dalam modernitas melekat globalisasi. Giddens (1991) menerangkan pendapatnya bahwa tendensi global dari lembaga-lembaga modern diikuti oleh perubahan terus menerus dalam persepsi identitas diri dan redefinisi. Dari perspektif ini modernitas lebih dari sekadar produk historis modernitas adalah sebuah program yang belum selesai yang masih dapat memainkan peran yang sangat kreatif dalam masyarakat masa kini. Modernitas menyiratkan suatu keterbukaan ke arah masa depan yang bercirikan kemajuan material, stabilitas sosial, dan realisasi-diri.

Menurut Berman (1982), menjadi modem adalah hidup dalam sebuah lingkungan yang pada saat yang sama, menjanjikan petualangan, pertumbuhan, kegembiraan, kekuasaan, dan transformasi diri dan dunia, yang bisa merusak din dan segala yang kita miliki. Modernitas adalah Kumpulan paradoks yang setiap saat selalu diuji.

Dalam masyarakat kontemporer, baik barat maupun non-Barat, realisasi diri sering kali diikuti oleh loyalitas, yang sebelumnya dianggap sebagai sesuatu yang pra-modern, bagi kelompok-kelompok komunal yang lain.

Incoming search terms:

  • modernitas adalah
  • apa itu modernitas
  • Arti modernitas

Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • modernitas adalah
  • apa itu modernitas
  • Arti modernitas