Advertisement

NILAI

Inggris: value. Dari bahasa Latin valere (berguna, mampu akan, berdaya, berlaku, kuat).

Advertisement

1. Harkat. Kualitas suatu hal yang menjadikan hal itu dapat disukai, diinginkan, berguna, atau dapat menjadi objek kepentingan.

2. Keistimewaan: Apa yang dihargai, dinilai tinggi, atau dihargai sebagai suatu kebaikan. Lawan dari suatu nilai positif adalah “tidak bernilai” atau “nilai negatif”. BAIK akan menjadi suatu nilai dan lawannya (jelek, buruk) akan menjadi suatu “nilai negatif” atau “tidak bernilai”.

3. Ilmu ekonomi, yang bergelut dengan kegunaan dan nilai tukar benda-benda material, pertama kali menggunakan secar umum kata “nilai”.

 

Teori Beberapa Tokoh

Konsep nilai merupakan komplemen dan sekaligus lawan konse fakta. Kita memang hanya mengetahui fakta, tetapi mesti mencai nilai. Karena apa pun, sikap apa pun, ideal mana saja, maksu’ mana pun, atau tujuan mana saja pasti mempunyai nilai, mak nilai mesti merupakan objek preferensi atau penilaian kepentingar Dalam sejarah filsafat telah muncul sejumlah klasifikasi nilai. C sini kita akan memaparkan pembedaan-pembedaan itu. Kedus banyak filsuf mengemukakan bahwa suatu nilai tertentu merupaka tujuan kehidupan. Aspek nilai macam itu dibentangkan di bawa judul nilai final. Ketiga, sejumlah teori mengenai hakikat nilai te lah dikembangkan. Teori-teori macam ini dikupas di bawah judi. Teori nilai.

Advertisement