Advertisement

OTOMATISASI

Inggris: automation, automatic-, dari Yunani automatos (bergerak sendiri).

Advertisement

Tahap dalam perkembangan teknologi ditandai oleh munculnya serangkaian alat mesin otomatis (dalam tahun 1920-an). Ini diikuti oleh toko-toko dan pabrik yang menggunakan (sejak tahun 1950-an) mesin-mesin hitung dan mesin kontrol modern.

Oromatisasi tidak menghilangkan unsur manusia yang memang perlu untuk memberikan petunjuk umum dan menjalankan pengendalian atas kerja mesin, misalnya mengadakan penyesuaia program, penyediaan bahan mentah, perbaikan-perbaikan, biarpi ketika otomacisasi berkembang, mesin-mesin itu semakin Ian semakin menjalankan fungsi-fungsi ini sendiri.

Otomatisasi mendatangkan peningkatan mutu, produktivit tenaga kerja yang amat besar, dan menurunkan biaya. Kontr dalam bidang-bidang yang memiliki risiko tinggi amat terbani dengan adanya otomatisasi.

Otomatisasi yang meluas dalam industri mempunyai konsekuei si ekonomis, politis dan kebudayaan yang penting. Akibat-akibat otomatisasi berbeda secara radikal dari satu sistem dengan sistei yang lain. Tetapi secara umum dapat diketahui bahwa otomatisa dapat menimbulkan pengangguran. Banyak orang dapat dikeluarkan dari kerja.

Advertisement