Advertisement

ARTI PENERANGAN – Ialah pencahayaan buatan di dalam ruangan tertutup maupun terbuka, yang kuat lemahnya bergantung pada tanggapan mata manusia. Penerangan buatan menyebabkan rumah sakit, pabrik, perpustakaan, dan kantor bisa aktif selama 24 jam sehari. Mata manusia bisa bekerja dengan kuat cahaya yang berinterval sangat luas, dari sangat terang sam-pai redup. Namun agar tak cepat lelah dan dapat digunakan untuk waktu yang lama, mata membutuhkan pencahayaan terbaik, dan ini bukan berarti yang paling terang.

Penerangan yang baik harus mengkondisikan mata agar terasa nyaman, namun cukup efisien. Mata membutuhkan perbedaan jumlah dan jenis pencahayaan untuk aktivitas yang berbeda. Karena itu penerangan yang mungkin sesuai untuk aktivitas yang satu dapat tidak cocok untuk aktivitas lain.

Advertisement

Penyinaran yang baik bertujuan memperbaiki pola sinar, bayangan, warna, dan kontur, agar benda atau tempat yang dianggap penting terlihat dengan baik dan yang kurang penting tidak menonjol. Penerangan juga meningkatkan keamanan di sejumlah tempat. Di pabrik-pabrik, penerangan yang baik mempertinggi keselamatan kerja dan di persimpangan jalan raya, cahaya tambahan mempertinggi keselamatan para pemakai jalan.

Tingkat Pencahayaan. Kemampuan mata melihat secara rinci akan bertambah dengan naiknya tingkat pencahayaan.”Kemampuan mata melihat benda yang tidak kontras juga membaik dengan bertambahnya tingkat pencahayaan. Juga, hubungan antara ketajaman penglihatan dengan pencahayaan pada tingkat yang berbeda dapat ditentukan dengan tepat. Dengan prinsip ini, ahli penerangan dapat menentukan kekuatan cahaya yang sesuai untuk tingkat kemampuan penglihatan tertentu dalam suatu situasi.

Telah dikaji hubungan antara tingkat pencahayaan dan kemampuan melihat. Ternyata penerangan buruk diperbaiki menyebabkan kemampuan melihat yang lebih baik.

Mata manusia merupakan mekanisme fototrofik, yang secara alamiah selalu mencari cahaya terang. Suatu situasi harus mendapat pencahayaan yang bagus bila dibutuhkan untuk menarik perhatian khalayak ramai. Situasi ini ditentukan dengan memilih kuat lemahnya cahaya.

Kuantitas cahaya yang dibutuhkan untuk berbagai aktivitas bergantung pada tiga faktor, yakni ukuran benda yang dilihat, lamanya waktu yang dibutuhkan untuk melihatnya, dan kekontrasan benda itu dibanding situasi di sekelilingnya. Cahaya harus cukup kuat untuk tukang arloji atau ahli bedah karena mereka harus berkonsentrasi secara intensif dalam waktu singkat. Namun, cahaya dengan tingkat peneranganr terlalu kuat bisa melelahkan para pekerja kantor karena mereka bekerja terus-menerus untuk waktu yang lama. Dalam hal ini terdapat gradasi meningkat pada kecerahan pencahayaan di antara cahaya terpusat untuk pekerjaan dan cahaya keseluruhan di sekeliling tempat kerja. Dengan demikian, mata secara alamiah akan tercurah pada pekerjaan tetapi tidak mengalami kesulitan saat berpaling ke sekelilingnya. Biasanya gradasi antara tempat kerja dan lingkungan sekelilingnya cukup bagus bila bertingkat tiga banding satu. Untuk dokter bedah, perbandingan pencahayaannya mencapai sepuluh banding satu.

Tiga faktor yang menentukan banyaknya cahava yang diterima suatu benda adalah intensitas cahav jarak benda dari sumber cahaya, dan penyebaran cahaya. Intensitas cahaya dapat diukur dengan satua lumen. Hingga kini bohlam yang dijual di pasaran selalu memakai satuan watt. Watt menyatakan banyaknya tenaga listrik yang digunakan ketika boh” lam menyala, bukan banyaknya cahaya yang dipancarkan bohlam. Dua bohlam masing-masing 50 watt memasok lebih sedikit lumen dibanding satu bohlam 100 watt. Sementara itu bohlam 100 watt menghasilkan kira-kira hanya seperempat lumen satu lampu TL 100 watt.

Jumlah cahaya yang diterima benda bergantung pula pada jarak benda itu ke sumber cahaya. Benda yang diletakkan 2 meter dari sumber cahaya menerima seperempat saja cahaya yang diterima benda dalam jarak 1 meter dari lampu.

Warna gelap menyerap cahaya. Karpet, langit-langit, dinding, dan perabotan gelap bisa membatasi jumlah cahaya suatu ruangan karena cahaya yang dipancarkan terserap oleh permukaan gelap. Tetapi warna muda dinding dan langit-langit memantulkan kembali cahaya yang diterimanya ke dalam ruangan.

Incoming search terms:

  • pengertian kuantitas cahaya
  • pengertian pencahayaan
  • pengertian penerangan menurut para ahli
  • pengertian penerangan atau cahaya
  • definisi penerangan menurut para ahli
  • definisi pencahayaan
  • teori penerangan lampu menurut para ahli
  • Pengertian penerangan cahaya
  • cahaya dan penerangan
  • pengertian lampu menurut para ahli

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian kuantitas cahaya
  • pengertian pencahayaan
  • pengertian penerangan menurut para ahli
  • pengertian penerangan atau cahaya
  • definisi penerangan menurut para ahli
  • definisi pencahayaan
  • teori penerangan lampu menurut para ahli
  • Pengertian penerangan cahaya
  • cahaya dan penerangan
  • pengertian lampu menurut para ahli