Advertisement

PENGAMATAN

Inggris: observation, dari Latin observare (obsetvatio) (mengamati, rr nyimpan).

Advertisement

Beberapa Pengertian

1. Memperhatikan, mengenal (dan sering secara sistematis mencari sebagaimana dalam ilmu pengetahuan) suatu segi (fakta, keja: an).

2. Hasil (kesimpulan, penilaian) terhadap nomor 1. Observab (hal-hal yang dapat diamati) adalah item-item kenyataan ya berasal dari pengamatan, khususnya persepsi indrawi. Nonobst vables (hal-hal yang tidak dapat diamati) adalah item-item kenyataan yang pada prinsipnya dan pada saat sekarang tic dapat diamati tetapi yang mempunyai akibat-akibat yang da| diamati (seperti materi-materi subatomik).

3. Persepsi terhadap dunia luar. Kegiatan ini menyiapkan da data dasar untuk suatu penyelidikan ilmiah. Pengamatan l sederhana tetapi bisa juga kompleks, langsung atau tid langsung, yang dikombinasikan dengan percobaan.

Pengamatan Indrawi

Gerak benda-benda di luar kita memungkinkan terjadinya pengamatan indrawi. Benda-benda di luar kita menyebabkan adai suatu gerak di dalam indra kita. Gerak ini diteruskan ke otak.

Sasaran yang diamati adalah kualitas-kualitas indrawi. Pengindraan disebabkan tekanan objek atau sasaran. Kualitas di dai objek-objek, yang sesuai dengan pengindraan kita, ditangkap d indra kita.

Advertisement