Advertisement

FLOEM, Komponen khas floem adalah komponen pembuluh tapis dan sel tetangganya, selain itu terdapat juga parenkima dan serat.
Komponen pembuluh tapis. Merupakan sel-sel memanjang yang bersatu di ujungnya membentuk pembuluh tapis ( 3.10). Cara penyusunannya analog dengan susunan pembuluh pada xilem. Bedanya, dinding sel komponen pembuluh tapis tidak berlignin dan digolongkan sebagai dinding sel primer, walaupun mereka biasanya menebal juga. Berbeda dengan komponen pembuluh, dinding melintang komponen pembuluh tapis ini, walaupun lebih bermodifikasi, tidaklah rusak sama sekali. Sebaliknya, dinding tersebut masih berlubang-lubang, sehingga melalui lubang-lubang itu protoplasma dua komponen yang bertindihan dapat langsung berhubungan. Jalur penghubung yang terdiri atas sitoplasma itu mirip dengan plasmodesmata, hanya jauh lebih besar. Dinding silang yang berperforasi itu disebut pagan tapis, sebab tampak mukanya mirip tapisan ( 3.11). Adanya papan tapis ini menentukan nama tipe sel yang khas tersebut. Lazimnya papan tapis menutupi seluruh permukaan dinding silang, tetapi kadang-kadang terbagi-bagi menjadi bagian tipis berlubang-lubang sehingga terjadi papan tapis majemuk.
Pada papan tapis tiap jalur sitoplasma terbungkus oleh tabung dari sejenis karbohidrat khusus yang disebut kalos. Tebal tabung kalos ini jelas mempengaruhi ukuran lubang tapis. Jika tumbuhan berada dalam keadaan dorman, bantalan kalos tebal sama sekali menutupi lubang. Akan tetapi pada permulaan musim pertumbuhan, banyak kalos pindah tempat dan jalur penghubung sitoplasma baru akan bermunculan. Jika tumbuhan terluka, kalos juga dibentuk, kadang-kadang hanya beberapa detik setelah terjadi luka, sehingga membendung lubang dan mengurangi kehilangan bahan makanan. Salah satu konsekuensi reaksi serentak ini ialah, pada kebanyakan irisan mikroskopik, lubang akan tertutup seluruhnya. an tadi .adalah hasil perlakuan terhadap jaringan untuk pengamatan dan tidak memperlihatkan keadaan pada tumbuhan yang sedang aktif tumbuh.
Komponen pembuluh tapis adalah sel hidup dan hanya akan berfungsi selama mereka hidup. Suatu sifat yang luar biasa dari komponen pembuluh tapis ini ialah bahwa selama perkembangannya, nukleus yang tadinya ada, akan pecah dan hilang sama sekali pada waktu dewasa. Komponen pembuluh tapis inilah satu-satunya contoh sel tumbuhan yang hidup tanpa nukleus. Pengamatan melalui mikroskop elektron menunjukkan, bahwa komponen pembuluh tapis juga luar biasa, mengingat jumlah mitokondrianya sedikit sekali dan hampir tidak memiliki organel sitoplasma lain. Lebih lanjut diketahui bahwa tidak ada perbedaan nyata antara vakuola dan sitoplasma; isi utama selnya adalah semacam protein fibril yang disebutprotein-P, yang struktur dan fungsi tepatnya kini masih hangat diperdebatkan oleh para ahli fisiologi. Bahan yang mirip protein ini mudah menyerap zat warna dan pada penampang membujur yang diwarnai lazimnya muncul sesuatu yang menempel pada papan tapis, yang disebut sumbat lendir. Adanya sumbat lendir ini merupakan salah satu ciri penting untuk mengidentifikasi posisi floem pada penampang membujur ( 3.10a).
Sel tetangga. Tiap komponen pembuluh tapis akrab dikawani oleh satu atau lebih sel parenkima yang lampai, yang disebut sel tetangga, yang mempunyai sitoplasma pekat dan nukleus jelas. Sel tetangga terbentuk karena adanya pembelahan membujur yang tidak sama besar dari sel induk pembentuk komponen pembuluh tapis 3.12.
Setelah terputus dari komponen pembuluh tapis, sel tetangga tidak tetap berdiam diri, tetapi dapat membelah diri secara horizontal menjadi tumpukan vertikal sel tetangga. Sel-sel tetangga selalu terletak berdampingan dengan komponen pembuluh tapis, dan sitoplasma kedua pasangan ini berhubungan langsung melalui plasmodesmata dalam selaput noktah pada dinding samping. Kedua tipe sel ini membentuk suatu kesatuan fisiologis, sebab sel tetangga akan mati jika komponen pembuluh tapis tak berfungsi lagi. Sifat dasar saling ketergantungan ini belum diketahui, tetapi dapat diperkirakan bahwa komponen pembuluh tapis yang tidak memiliki nukleus sendiri bergantung kepada nukleus sel tetangganya untuk menunjang kegiatan yang biasa dilaksanakan oleh sebuah nukleus.

Incoming search terms:

  • definisi floem

Advertisement
Advertisement
Filed under : Bikers Pintar,

Incoming search terms:

  • definisi floem