Advertisement

Pengetahuan Istimewa

Mengacu ke fakta bahwa seseorang mempunyai pengetahuan langsung tentang isi kesadaran. Lawannya: pengetahuan inferensial yang didasarkan pada hal-hal yang tampak, melalui proses penyimpulan.

Advertisement

 

Pengetahuan Langsung

Pengetahuan yang diperoleh tanpa bukti. Perenungan kebenaran langsung, yang berbeda dari pengetahuan diskursif. Pengetahuan diskursif selalu dijembatani tidak hanya oleh data pengalaman, tetapi juga oleh penalaran logis.

Ada dua jenis pengetahuan langsung: indrawi dan intelektif, yang dalam ajaran metafisis saling dipertentangkan secara tajair Sebelum Kant, pengetahuan langsung indrawi selalu dianggap sebagai pengetahuan yang timbul dari pengalaman. Kant menegaskan bahwa selain pengetahuan yang berasal dari pengalaman, juga terdapat bentuk-bentuk a priori pengetahuan langsung sensitl (ruang dan waktu). Kant menolak kemungkinan bagi pikiran manusia untuk memiliki pengetahuan langsung intelektif. Namun, ii menerima kemungkinannya bagi suatu pikiran yang lebih sempurri dari pikiran insani.

Pengetahuan langsung intelektif dapat dilihat pada filsafa: Plato dan Plotinus. Pada abad ke-17 dapat disebut juga tokoh tokoh rasionalis seperti Descartes, Spinoza dan Leibniz. Pada pei alihan abad ke-19, pengetahuan langsung intelektif diakui old para idealis Jerman dan para filsuf romantisisme, Fichte, ScheUing Dan dalam abad ke-20 oleh Husserl. Yang mereka maksudka dengan pengetahuan langsung intelektif adalah kemampuan pikira untuk melihat kebenaran dengan “mata pikiran”, secara langsung tanpa bukti. Misalnya, aksioma-aksioma geometri dianggap sebaga kebenaran-kebenaran semacam ini. Hegel mengritik teori-teori pengetahuan langsung sebelumnya sebagai dialektis.

Incoming search terms:

  • pengertian intelektif

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian intelektif