Advertisement

ARTI PENJUALAN KREDIT – Atau penjualan dengan sistem angsuran, Pada umumnya jangka waktu kredit yang mereka berikan berkisar antara harian dan bulanan dengan bunga cukup tinggi, yang bisa mencapai 50 persen, atau bahkan 100 persen dari harga barang.

Penjualan dengan sistem kredit yang dilakukan oleh lembaga (perusahaan) di Indonesia baru dimulai pada akhir tahun 70-an. Sebagai akibat devaluasi rupiah pada tanggal 15 November 1978, industri elektronika Indonesia mengalami kesulitan memasarkan produknya, karena daya beli masyarakat menyusut. Produsen barang-barang elektronika kemudian menganjurkan para penyalurnya untuk menjual secara kredit. Kiat ini ternyata berhasil menaikkan jumlah penjualan sampai 50 persen lebih. Sukses pemasaran produk elektronika dengan sistem kredit kemudian diikuti oleh industri barang-barang konsumen lain, seperti mobil, rumah dan mebel. Langkah ini kemudian mengakibatkan munculnya perusahaan-perusahaan (bukan produsen) yang khusus memberikan jasa kredit barang-barang konsumen. Dalam tahun 1988, di Jakarta saja diperkirakan sudah ada lebih dari 100 perusahaan yang bergerak dalam penjualan barang- barang kredit. Beberapa yang terbesar dan merupakan perintis adalah PT Columbia Dharma Pertiwi, PT Altron Panorama Electronics, PT Alam Multisari, PT Putra Surya Prima, PT Sapporo, PT Meridien Indonesia, PT Kharisma, PT Asia Permai, PT Sumber Jaya, Prima, PT Olympia Prima, dan PT Aseaco.

Advertisement

Selain perusahaan-perusahaan tersebut, banyak pula bank serta lembaga keuangan swasta maupun pemerintah yang terjun ke bisnis kredit ini sebagai penyandang dana. Bank-bank dan lembaga-lembaga keuangan bukan bank tidak menjual barang, melainkan bekerja sama dengan pihak ketiga sebagai produsen dan penyedia barang. Cara pemberian kredit oleh lembaga-lembaga keuangan ini bermacam-macam, tetapi khususnya untuk barang-barang modal, biasanya kredit diberikan dalam bentuk leasing

 

 

ARTI PENONTONG

Atau kenong penontong, adalah gong yang sedikit lebih kecil dari kempul. Gong ini hanya memiliki 3 atau 4 nada saja.

Incoming search terms:

  • penjualan kredit dalam bank

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • penjualan kredit dalam bank