Advertisement

ARTI PENYAKIT KUKU DAN MULUT – Pada hewan timbul akibat infeksi virus akut yang sangat menular. Penyakit yang menyerang hewan piaraan ataupun liar ini biasanya menyerang domba, kambing, kerbau, sapi, atau binatang berkuku terbelah lainnya; namun tidak pernah mengenai kuda, dan jarang menyerang manusia. Penyakit ini banyak ditemukan di Asia, Afrika, Amerika Selatan, dan Eropa.

Virus penyebab biasanya masuk melalui mulut, yang kemudian akan masuk ke dalam aliran darah dan menuju jaringan mulut dan kaki. Pada jaringan yang terinfeksi ini timbul lepuh berisi air, sehingga kulit dan selaput lendir kaki, mulut, lidah, dan gusi meradang hebat. Hewan yang sakit ini mengeluarkan ludah terus-menerus, tak dapat makan, lesu, dan lumpuh. Dalam beberapa hari lepuh pada kulit dan selaput lendir pecah, yang akan meninggalkan bekas berupa luka yang menyembuh dalam 1-2 minggu. Ludah, cairan lepuh, jaringan, dan kotoran maupun urine he-wan yang terinfeksi dapat menjadi sumber penularan penyakit.

Advertisement

Penyakit ini sangat merugikan dalam usaha peternakan. Karena cepat sekali menular, penyakit ini biasanya menyebar hampir tanpa dapat dicegah. Hewan yang pernah terserang sering kali menjadi karier (pembawa), karena itu hewan yang terkena penyakit ini biasanya dimusnahkan. Sebagai tindakan pencegahan, hewan dapat diberi vaksinasi bila di daerah sekitarnya telah dijangkiti penyakit.

Advertisement