Advertisement

ARTI PENYAKIT – Adalah gangguan kesehatan makhluk hidup. Kelainan ini sering menimbulkan serangkaian gejala yang dirasakan mengganggu oleh penderitanya, atau bahkan menimbulkan gangguan pada fungsi tubuh. Penyakit dapat timbul oleh berbagai sebab, dan dapat menyerang sebagian organ tubuh atau mengenai tubuh secara menyeluruh.

Dalam menggolongkan penyakit dikenal berbagai cara, antara lain menurut jenis penyakitnya, dan menurut sistem organ yang terkena. Berdasarkan jenis penyakitnya, salah satu yang sering terjadi adalah penyakit infeksi. Penyakit jenis ini disebabkan oleh mikroorganisme yang masuk ke dalam jaringan tubuh dan kemudian bersarang di sana. Mikroorganisme ini dapat berupa virus, riketsia, bakteri, mikoplasma, dan berbagai jenis parasit seperti ameba, protozoa, dan golongan cacing. Gejala penyakitnya dapat beraneka ragam, bergantung pada jaringan atau organ yang diserangnya. Penyakit infeksi biasanya disertai tanda- tanda khas, yaitu timbulnya bengkak, warna kemerahan dan nyeri pada bagian yang terkena infeksi, serta demam tubuh. Penyakit infeksi”biasanya:disembuhkan dengan antibiotika dan antibiotik, atau anti- parasit Jenis penyakit lain adalah penyakit metabolisme. Termasuk ke dalamnya antara lain penyakit kencing manis,fenilketonurla, dan gangguan metabolisme lemak. Jenis penyakit ini berlainan dengan penyakit gangguan gizi, karena kelainan pada penyakit metabolisme biasanya berkaitan dengan kelainan bawaan yang berupa ketidakmampuan tubuh untuk menghasilkan enzim atau hormon tertentu. Akibatnya, metabolisme zat gizi yang terkait akan terhambat sehingga menimbulkan penumpukan senyawa yang tak dapat diolah lebih lanjut oleh tubuh. Senyawa yang berlebihan ini dapat menimbulkan keracunan pada tubuh. Gangguan metabolisme dapat juga terjadi secara sekunder, yaitu timbul sebagai akibat penyakit lain, misalnya pada gangguan fungsi ginjal atau pada penderita obesitas.

Advertisement

Penyakit kongenital, atau penyakit keturunan yang sudah dibawa sejak lahir, merupakan jenis penyakit yang lain. Kelainan ini umumnya disertai cacat fisik seperti bibir sumbing, dan mongolisme. Penyakit ini disebabkan oleh kelainan genetik. Seperti penyakit gangguan metabolisme primer, penyakit ini sulit dihilangkan.

Penyakit gangguan gizi disebabkan oleh kekurangan atau kelebihan zat gizi. Kekurangan zat gizi dapat menimbulkan marasmus dan kwashiorkor. Kelebihan zat gizi menimbulkan keadaan yang disebut obesitas atau kegemukan. Secara teoretis, jenis penyakit ini mudah diatasi, yaitu dengan menambahkan nutrisi bagi yang kekurangan dan mengurangi nutrisi bagi yang kelebihan. Namun pada praktiknya, pengobatan penyakit ini tidak sesederhana itu. Hal ini antara lain disebabkan oleh latar belakang yang mendasari penyakit gangguan gizi tersebut, misalnya kemiskinan, langkanya sumber nutrien tertentu di wilayah tempat tinggal, faktor sosiobudaya, faktor kejiwaan, dan gaya hidup.

Jenis penyakit yang lain adalah penyakit akibat gangguan hormonal. Pada penyakit seperti ini, gejala yang timbul bergantung pada jenis hormon yang terganggu. Misalnya, pada hipertiroidi ditemukan produksi hormon tiroid berlebihan, yang ditandai oleh peningkatan laju metabolisme basal, penonjolan mata, dan penurunan berat badan:-Gangguan hormon . androgen yang terjad^gada penderita” wanita akan mengakibatkan penderitanya menunjukkan gejala maskulinisme.

Tumor jinak dan tumor ganas (kanker) merupakan jenis penyakit yang sebabnya belum diketahui secara jelas. Gejala yang timbul berkaitan dengan organ yang terkena, dan bila tumor bersifat ganas gejalanya juga bergantung pada luasnya penyebaran. Jenis penyakit ini dapat menyerang berbagai jaringan atau organ tubuh.

Penyakit imunologis meliputi berbagai penyakit yang erat kaitannya dengan reaksi antigen-antibodi. Termasuk ke dalam jenis penyakit ini antara lain penyakit reumatik, asma, berbagai penyakit kulit, dan reaksi alergi.

Penyakit gangguan jiwa dapat disebabkan oleh ketidakmampuan menyesuaikan diri terhadap lingkungan hidup sehari-hari. Termasuk ke dalamnya antara lain psikosis, paranoia, depresi, dan reaksi psikosomatis.

Jenis penyakit lain yang dewasa ini semakin bertambah kejadiannya akibat kemajuan teknologi adalah penyakit akibat keracunan bahan kimia dan kecelakaan. Misalnya, keracunan insektisida banyak ditemukan di daerah pertanian, kecelakaan akibat mesin sering terjadi di pabrik, dan kecelakaan lalu lintas semakin meningkat dijalan raya.

Menurut organ yang diserangnya, penyakit dapat dikelompokkan menurut bagian-bagian sistem organ tubuh. Sebagai contoh, dikenal penyakit kardiovaskular, penyakit kulit dan kelamin, penyakit kulit dan kelamin, penyakit gangguan sistem pernapasan, dan gangguan sistem pencernaan.

Advertisement