ARTI PERSONA

404 views

PERSONA

Inggris person, dari Latin persona, terjemahan dari Yunani prosopon.

Prosopon dan persona mengacu pada topeng yang dikenakan oleh para pemain sandiwara atau drama. Kemudian setelah diperluas, istilah ini mengacu kepada peranan seorang individu dalam drama kehidupan.

1. Istilah prosopon dipakai oleh Epictetus dan kaum Stoa lainnya untuk mengacu kepada manusia individual dalam kapasitasnya menjalankan peran khusus dalam kehidupan sebagaimana c tentukan oleh Akal universal.

2. Dari penggunaan Stoik, istilah persona (pribadi) masuk dala hukum Romawi, untuk menunjukkan pelaku kewajiban dan pemegang hak secara hukum.

3. Dalam ajaran Kristen mengenai Tritunggal, Allah ditafsirki sebagai Tiga Pribadi (persona) dan Satu Substansi (hakika Dalam rumusan ini persona dan hipostasis sinonim.

4. Dalam perumusan baku tentang kodrat Kristus muncul ide titifikasi yang sama antara persona dan hipostasis, dan istilah yang berlawanan ialah natura (kodrat) atau phusis. Kristus c mengerti sebagi memiliki dua kodrat yang satu ilahi dan lainnya manusia dalam satu Pribadi.

5. Boethius mempertahankan identifikasi hipostasis dan pribac dan mendefinisikan istilah pribadi sebagi “substansi individu dari kodrat rasional”.

6. Locke mendapat pijakan yang amat berbeda untuk ide pribadidengan menyamakannya dengan kesadaran-diri dan ingata Kita adalah pribadi yang sama selama kekuatan-kekuatan i melanjutkan kesadaran kita akan suatu identitas. Substan individual, manusia, yang merupakan tempat bergantung pribadi kita, mungkin memiliki atau sesungguhnya memiliki h dup yang lebih lama daripada lainnya.

7. Scheler mendefinisikan pribadi sebagai kesatuan keberadan konkret seseorang, dan mengangkat konsep pribadi sebag basis pengetahuan metafisis.

8. F.C.S. Schiller mengidentikkan “pribadi” dengan segi spiritu dan itensional kodrat kita dan bukan dengan suatu entit; entah natural atau spritual. Maka, istilah ini mengacu kepac fungsi-fungsi dan bukan kepada suatu substansi.

9. Sartre memandang pribadi sebagi rekaan kita sendiri.

10. Jacques Lacan mengacu kepada “pribadi” sebagai “subje yang memudar”.

Incoming search terms:

  • pengertian persona
  • arti persona
  • persona adalah
  • arti kata persona
  • arti kata prosopon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *