SKEPTISISME CARNEADES

Beberapa pokok skeptisisme dari filsuf Yunani Carneades adalah:

1. Adalah mustahil mencapai pengetahuan tentang informasi yang benar mengenai realitas, dan informasi yang tidak benar, atau apa yang mustahil. Segala sesuatu yang pernah kita miliki adalah citra (representasi, salinan, Phantasia) dari dunia luar, tetapi kita tidak pernah yakin mana citra yang akurat dan mana citra yang tidak akurat, karena perangkat mental manusiawi menyumbang penafsiran dan pengertian citra itu.

2. Kebenaran tidak ada; hanya ada tingkat-tingkat probabilitas.

3. Probabilitas merupakan satu-satunya pedoman bagi kehidupan. Individu tidak memerlukan kepastian kebenaran untuk bertindak dan mengerti. (Kalau seseorang menunggu kepastian kebenaran sebelum bertindak atau mengerti, ia tidak akan mampu bertindak atau mengerti.) Individu harus dalam realitas bertindak dan mengerti hanya atas dasar apa yang probabel.

4. Beberapa keyakinan dapat dinilai sebagai lebih probabel daripada keyakinan-keyakinan lainnya. (Penilaian ini bersifat subjektif dan relatif bagi seseorang individu, dan tergantung pada konteks tempat individu menemukan dirinya sendiri.

5. Tingkat probabilitas tertinggi dari suatu keyakinan dikaitkan dengan intensitas dan kesetaraannya dalam pengalaman kita, dan dengan hubungannya pada pengalaman-pengalaman yang intens dan seketika. Tingkat probabilitas terendah dari suatu keyakinan dikaitkan dengan tidak adanya dasar apa pun dalam pengalaman-pengalaman kita.

6. Semakin probabel kita rasakan suatu keyakinan, semakin lebih besar kecenderungan kita untuk menerimanya, tetapi kita hendaknya tidak pernah mengijinkan kecenderungan ini menjadi demikian menggebu-gebu sehingga ia memaksa kita menyetujui tanpa bantahan. Kehidupan adalah suatu pencarian terus- menerus dan tidak pernah berakhir.