Advertisement

Suatu kelompok kekerabatan berupa klen matrilineal pada masyarakat Minangkabau, Sumatra Barat. Suku merupakan kesatuan keluarga yang terbesar dibandingkan paruik dan kampueng. Semenjak lahir, seorang individu di Minangkabau langsung menjadi anggota suku ibunya. Tetapi seseorang dapat pula keluar dari sukunya dan menjadi anggota suku yang lain bila suku lain tersebut menerimanya.

Sebuah suku dipimpin oleh penghulu suku, yang dibantu oleh pejabat lainnya, yaitu dubalang dan manti. Tugas seorang dubalang adalah menjaga keamanan suku, sedangkan manti mengurusi hal-hal yang berhubungan dengan bidang keagamaan. Setiap suku mempunyai pejabat tertinggi yang disebut pucuk suku, yang dianggap sebagai pusat kekuasaan suku. Pucuk suku mewakili sukunya dalam berhubungan dengan dunia di luar kelompok kekerabatan tersebut. Oleh sebab itu, ia harus mengetahui segala kegiatan yang menyangkut warga sukunya.

Advertisement

Adat perkawinan yang berlaku dalam suatu suku tidak mutlak bersifat eksogam, karena seseorang di-perbolehkan kawin dengan orang dari suku yang sama asalkan tidak berada di bawah penghulu kaampek (para pejabat tertinggi dari suku) yang sama.

Advertisement