Arti tata surya adalah

Yang terdekat dengan matahari.

Tata surya ialah matahari dan semua benda langit yang mengelilinginya di ruang angkasa. Kita hidup di salah satu dari sembilan planit yang mengelilingi matahari. Yang terdekat dengan matahari, adalah Mercurius, planit yang terkecil. Kemudian menyusul Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Nep­tunus dan Pluto. Panjang garis tengah tata surya ku­rang lebih 13.000 juta kilometer. Arti tata surya adalah.

Orbit Mars dan Yupiter.

Di antara orbit Mars dan Yupiter terdapat sebuah pita lingkaran yang terdiri atas banyak planit kecil, dise­but asteroida. Diduga ini sisa-sisa planit yang kesepu­luh yang telah gagal menjadi sebuah benda langit utuh. Jutaan meteoroida — dan yang bergaris-tengah hampir 800 kilometer sampai karang kecil dan butir kabut juga mengelilingi matahari dalam pita ling­karan itu. Bintang berekor temasuk juga keluarga matahari.

Pandangan tentang ukuran planit.

Untuk mempunyai suatu pandangan tentang ukuran planit, kita dapat bayangkan Mercurius sebesar biji kecil, Venus dan Bumi sebesar biji kacang kapri, Mars sebesar biji jeruk, Yupiter sebesar jeruk, Satur­nus sebesar jeruk yang lebih kecil, Uranus dan Neptu­nus sebesar buah ceri besar dan Pluto sebesar bibit kecil. Pada skala ini matahari merupakan sebuah bola bergaris tengah 600 milimeter dan burni berjarak 65 meter dari matahari.

Filed under : Bikers Pintar,