UNSUR

Inggris: elements-, dari Latin elementum (prinsip utama).

Beberapa Pengertian

1. Substansi dasar yang darinya (atau olehnya) sesuatu ada.

2. Unsur pembentuk dasar sesuatu yang kompleks. Dalam penger tian ini, unsur searti dengan komponen. Unsur dianggap se bagai yang pertama dan tidak dapat direduksi lagi.

3. Konsep unsur berhubungan dengan timbulnya pengetahuar historis tentang alam. Kelompok pemikir materialistik Yunan kuno menggangap bahwa unsur kosmik satu-satunya ialah aii (menurut Thales), atau udara (menurut Anaximenes), atau ap (menurut Heraclitos). Demokritos mengajarkan atom sebaga partikel materi yang terkecil dan tak dapat dibagi lagi. Temuan temuan ilmu alam pada akhir abad ke-19 menjungkirbalikkai ide-ide umum tentang adanya atom-atom yang pertama dar tanpa struktur. Fisika modern menunjukkan seluk beluk elek tron, neutron, dan partikel-partikel yang dianggap elementer Fisika modern mengukuhkan pandangan bahwa tidak ads unsur-unsur yang mutlak tunggal dan tak terbagikan dalarr alam.

Empat Unsur

Konsep itu mengacu pada air, udara, api dan tanah, yang oler beberapa filsuf Yunani diyakini sebagai unsur pembentuk jagai raya yang bersifat dasariah, pertama serta tidak dapat direduks lagi.