VAIRAGYA

Istilah dari bahasa Sanskerta ini berarti kemuakan, keengganan, meninggalkan hal-hal duniawi yang dianjurkan untuk mencapai moksa.

 

VAISESHIKA

Istilah Sanskerta yang berarti “partikularitas”. Vaiseshika adalah satu dari enam sistem pemikiran India yang muncul pada periode sesudah zaman Veda (Weda). Vaiseshika Sutra disusun oleh Kanada, sekitar sesudah tahun 300 SM.

Sistem dan sutra ini memuat ide-ide sebagai berikut: 1. Terdapat realisme pluraliscis. Tekanan utamanya pada visesa atau partikularitas realitas terakhir; ada hubungannya dengan atomisme. Hal-hal yang kelihatan tersusun dari atom-atom yang tak kelihatan, berhakikat abadi, dan mengandung salah satu dari empat karakteristik berikut: tanah, air, terang, dan udara.

2. Jiwa-jiwa yang meresapi benda-benda tertentu selama waktu tertentu bersifat kekal. Tiap jiwa individual mempunyai ciri khas individualnya, dan ini berlaku walaupun jiwa telah meninggalkan benda atau tubuh.

3. Dunia terdiri dari substansi-substansi yang memiliki kualitas dan gerakan. Ada sembilan substansi: tanah, air, terang, udara, ether, waktu, ruang, jiwa, dan pikiran.

4. Dalam Vaiseshika Sutra, Allah tidak disebut; tetapi para pengulas meminjam dari Nyaya konsepsi Allah guna melengkapi sistem ini.

5. Kategori-kategori pengalaman ialah: substansi, kualitas, aktivitas, generalitas, partikularitas, inherensi, dan non-eksistensi.