Advertisement

Astronomi dalam Sejarah

1. Selama ini para astronom hampir seluruhnya terbatas pada pengamatan dan tidak dapat menyusun eksperimen-eksperimen. Pada awalnya orang mengetahui astronomi yang sederhana. Ini dibentuk atas dasar pengamatan terhadap gerak teratur dari

Advertisement

benda-benda di langit.

2. Tujuh hari dalam seminggu dinamakan dengan nama-nama matahari, bulan dan lima planetnya yang diketahui pada waktu itu. Bulan dan tahun ditetapkan menurut gerak bulan dan matahari. Pada abad ke-6 SM, gerhana sudah dapat diramalkan, dan orang telah mengetahui kalender yang terdiri dari 365 hari. Di India dan Cina juga terdapat kemajuan. Kertas dan Kompas diciptakan orang di Cina. Sistem angka yang kita pakai sekarang berasal dari India melalui orang-orang Islam (Arab).

3. Namun pada abad ke-16 muncul astronomi yang tidak lagi sesederhana sebelumnya. Astronomi tersebut merupakan penemuan Copernicus yang membawa kita kepada pandangan yang heliosentris (pusat adalah matahari, bukan bumi).

4. Dan sejak tahun 1957 ketika Uni Soviet meluncurkan Satelit Bumi buatan yang pertama, terbukalah jalan lapang bagi eksplorasi angkasa dan situasi berubah secara drastis. Pengamatan ekstraterestrial (pengukuran-pengukuran terhadap ruang antarplanet, atmosfir, dan pada permukaan planet-planet Iain) telah rnenjadi mungkin. Pendaratan di bulan sempat menggegerkan dunia dan memberi semangat baru untuk eksplorasi di alam raya.

Incoming search terms:

  • pengertian dan sejarah astronomi

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian dan sejarah astronomi