Advertisement

BAGAIMANA CARA MENGHADAPI KEMATIAN – Suatu proses yang berlangsung secara berangsur, karena tiap sel tubuh manusia mempunyai daya tahan yang berbeda-beda terhadap tidak adanya oksigen, dan oleh karena itu mempunyai saat kematian yang berbeda pula. Sejak berabad-abad yang lalu kematian seseorang ditentukan oleh ada atau tidak adanya pernapasan. Kematian disamakan dengan menghembuskan napas yang terakhir. Bila perna­pasan sudah sangat lemah dan tidak dapat dilihat atau didengar lagi, biasanya diletakkan kaca di depan mu­lut dan hidung orang tersebut. Tujuannya untuk meli­hat adanya kabut pada kaca, yang dapat ditimbulkan oleh kelembapan udara pernapasan.

Dengan kemajuan di bidang teknologi kedokteran dalam mengembangkan alat bantu pernapasan, penen­tuan kematian berubah pada ada tidaknya denyut jan­tung, yang memompakan darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Namun penentuan henti jantung ini pun pada akhirnya tidak dapat dipakai lagi sebagai tanda kematian, karena ditemukannya alat pacu jan­tung yang dapat membangkitkan kembali denyut jan­tung yang sudah berhenti.

Advertisement

Dewasa ini kriteria kematian lebih ditentukan oleh fungsi otak, terutama batang-otak, yang menjadi pusat pengaturan proses dan fungsi-fungsi hidup yang vital. Otak yang telah rusak berat tidak mungkin pulih kem­bali. Kerusakan permanen pada batang-otak merupa­kan tanda bahwa seseorang secara keseluruhan tidak dapat dinyatakan hidup lagi.

Cara sederhana untuk menentukan fungsi otak ia­lah dengan melakukan pemeriksaan refleks pupil ma­ta terhadap cahaya, dan reaksi penderita terhadap rangsangan dari luar, misalnya dengan tusukan jarum pada kulit atau pemeriksaan refleks persarafan lain­nya. Pemeriksaan EEG (elektroensefalografi) dapat membantu memastikan keadaan fungsi otak tersebut.

Sikap dokter dalam menghadapi peristiwa kema­tian didasari tugas utamanya dalam mengurangi pen­deritaan pasien. Jika mungkin, pasien disembuhkan kembali secara sempurna sampai dapat kembali ke ke­luarganya; atau dinyatakan mati.

Incoming search terms:

  • penjelasan cara menghadapi kematian

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • penjelasan cara menghadapi kematian