Advertisement

BAGIAN LUAR AKAR PRIMER, Seperti batang, setiap akar tumbuh dari meristem ujung. Tetapi dalam akar, meristem ini tidak terdapat pada ujung paling ekstrem, melainkan agak sedikit di belakangnya. Alasan mengapa meristem mempunyai posisi seperti ini adalah bahwa selain menghasilkan sel-sel baru untuk memperpanjang sumbu akar, meristem juga menghasilkan sejumlah sel ke arah ujung yang membentuk tudung akar. Sering diperkirakan bahwa tudung akar berfungsi sebagai organ yang melindungi meristem dan melumasi akar untuk mengurangi gesekan antara ujung akar dan butir-butir tanah sewaktu akar itu menembus tanah. Tetapi sebenarnya fungsi tudung akar lebih daripada sekadar organ pelindung dan pelumas saja, sebab dalam tudung akar terkandung zat-zat yang mengatur pola pertumbuhan bagian-bagian akar yang lain.
Di belakang tudung akar, sepanjang lebih-kurang satu sentimeter, terdapat permukaan akar yang halus ( 4.1). Bagian ini biasanya tampak tembus cahaya bila dilihat di belakang cahaya, karena bagian ini belum mengalami diferensiasi jaringan. Bagian ini dikenal sebagai daerah pemanjangan, karena di sinilah sel-sel baru yang terbentuk dari meristem membesar dengan hebat dan mengakibatkan akar tumbuh memanjang. Perpanjangan ini dapat ditunjukkan dengan menandai bagian ujung akar kira-kira satu sentimeter dengan garis-garis berjarak satu milimeter dan membiarkan akar tumbuh ke bawah secara vertikal dalam ruang gelap dan lembap ( 4.1b). Setelah 24 sampai 48 jam akan terlihat bahwa jarak antara garis kedua, ketiga, dan keempat dari ujung bertambah panjang beberapa kali panjang semula. Pertambahan panjang di bagian belakang berangsur-angsur menjadi kecil sampai pada titik .sekitar satu sentimeter dari ujung, perpanjangan tidak terjadi lagi. J adi jelas bahwa perpanjangan maksimum terjadi hanya beberapa milimeter di belakang ujung akar.
Dari titik di mana perpanjangan itu berhenti sampai jarak sekitar satu atau beberapa sentimeter, permukaan akar tertutup oleh bulu-bulu putih halus yang jumlahnya banyak sekali, sehingga membentuk penutup tebal seperti lakan. Bagian ini disebut rambut akar. Bila ruangan cukup, seperti bila kecambah ditumbuhkan dalam udara lembap, rambutrambut akar berbentuk seperti tabung, tetapi di dalam tanah bentuk rambut akar tersebut mengikuti pori-pori atau butir-butir tanah ( 4.1c). Permukaan luar rambut akar berlendir dan menempel rapat pada butir-butir tanah sehingga sukar untuk melepaskan butir-butir tersebut tanpa mematahkan rambut akar. Inilah sebabnya mengapa kita harus sangat berhati-hati bila memindah-tanamkan kecambah. Bila akar tumbuh memanjang, rambut-rambut akar baru terus terbentuk di belakang kawasan pemanjangan. Tetapi umur masing-masing rambut akar pendek saja, sehingga panjang dan posisi kawasan rambut akar relatif tetap.
Di belakang daerah rambut akar, akar tidak berambut dan di sini timbul akar-akar lateral. Akar-akar lateral ini berkembang secara akropetal dan berurutan (yang termuda terdapat dekat ujung) dan tersusun dalam baris-baris vertikal sepanjang akar induknya. Misalnya, pada akar Phaseolus, akar-akar lateral tersebut tumbuh dalam empat baris. Akar lateral tumbuh dari dalam dan mendorong keluar sampai muncul pada retak vertikal pada jaringan luar akar induknya. Karena tumbuh dari dalam, akar lateral dikatakan mempunyai awal yang endogen. Pembentukan akar-akar lateral oleh sumbu utama dan juga oleh akar-akar lateral itu sendiri secara terus-menerus menyebabkan terjadinya sistem akar bercabang. Bila sistem ini membesar berarti kontak dengan tanah membesar pula.

Advertisement
Advertisement