Advertisement

Tergantung apakah aktivitas kultural tertentu terarah langsung atau tidak pada pribadi manusia dan kesempurnaannya, atau pada objek-objek yang ada secara independen darinya, maka dibuat suatu pembedaan antara kebudayaan personal (seperti bahasa, kehidupan komunitas, ilmu, moralitas, agama) dan kebudayaan material (seperti teknologi, seni). Meskipun begitu, sebagian besar aktivitas budaya sesungguhnya mencakup kedua bidang tersebut. Sementara kebudayaan dalam arti yang lebih luas mencakup baik moralitas maupun agama, dalam arti yang lebih sempit ia berpijak pada keduanya. Dan kemudian kebudayaan menunjuk perkembangan budaya yang terarah kepada tujuan-tujuan di dunia ini. Kebudayaan yang semata-mata material serta eksternal disebut (paling sedikit di Jerman) sebagai peradaban (sivilisasi). Ia berfungsi sebagai landasan kebudayaan rohani, internal. Sejauh peradaban dikembang- kan dengan mengorbankan kebudayaan batin, peradaban belum merupakan kebudayaan sepenuhnya dan sesungguhnya bertentangan dengan kebudayaan sejati.

Perlu juga dicatat bahwa hanya benda-benda kebudayaan eksternal dapat diwariskan. Benda-benda budaya ideal dan personal harus diperoleh secara baru oleh setiap generasi. Pemilikan kebudayaan hanya dapat diperoleh sebagai hasil dari usaha keras. Namun, waktu senggang juga sangat perlu bagi perkembangan umum daya manusia. Waktu senggang jauh lebih dari sekedar waktu bebas belaka. Waktu bebas ialah waktu yang dibiarkan berlalu tanpa kerja. Selanjutnya waktu senggang mengandaikan bahwa kebutuhan-kebutuhan material-pokok dari manusia diperhatikan. Atau, sejauh ini mungkin, waktu senggang mengandaikan manusia secara bebas menentukan untuk tidak memuaskan beberapa di antara kebutuhan-kebutuhan itu.

Advertisement

Kebudayaan semata-mata merupakan hasil kerja sama individu- individu dalam masyarakat/komunitas manusiawi. Dari sumbangan- sumbangan kebudayaan nasional yang berbeda, muncul suatu kebudayaan manusia umum yang kemungkinannya dikondisikan oleh kemampuan bahasa bagi manusia untuk terus hidup.

Advertisement