Bentuk-bentuk  kelompok Sosial

370 views

Kelompok sosial yang merupakan pewujudan dari kehidupan bersama atau pergaulan hidup itu sangat beraneka ragam dan mempunyai jumlah yang tidak sedikit, demikian suatu kesimpulan yang dapat diambil dari pernyataan Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi. Selanjutnya dinyatakan bahwa “diantaranya yang penting adalah keluarga, organisasi dipelbagai lapangan kehidupan (ekonomi, politik, kesenian, ke-agamaan) dan masyarakat-masyarakat setempat (ke- tetanggaan, desa, kota dan sebagainya). Pernyataan dari Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi ini, rupa-rupanya tidak saja mempersoalkan mengenai korelasi antara pergaulan hidup dengan kelompok sosial, tetapi sekaligus memberitahukan tentang bentuk-bentuk dari kelompok sosial. Di dalam bukunya yang beijudul “Sociology”, Bogardus mengemukakan mengenai banyak bentuk kelompok sosial; misalnya, keluarga (family group), kelompok anak sekolah (the school group), kelompok gereja (the church group), juga masyarakat setempat (the community group), kelompok kota (the city group), kelompok desa (the rural group), kelompok bangsa (the ethnic group), kelompok internasional (the international group).9 Sedangkan Ronald Freedman at. al, mengemukakan bahwa para ahli sosiologi telah membagi dunia kehi-dupan bersama manusia ke dalam flla sosial. Menurut Freedman, terdapat lima fila dan sub tipe kelompok, yaitu:

  1. Primary groups,
  2. Communities,
  3. Associations,
  4. Society,
  5. Ephemeral groups.

Sebelum kita membahas mengenai bentuk-ben-tuk dari kelompok sosial, perlu dipertanyakan lebih dahulu konstatasi dari Ronald Freedman khususnya mengenai society dan ephemeral group apakah dapat digolongkan sebagai kelompok sosial menurut standard sosiologi. Menurut sarjana ini, society (masyarakat) meru-pakan salah satu dari tipe kelompok yang dikembang-kan oleh manusia. Society, seperti community, adalah kelompok-kelompok fungsional yang menempati suatu daerah geografis yang jelas. Tetapi, tidak seperti community, daerah yang ditempati adalah tidak ter-batas pada suatu daerah yang sempit. Sebaliknya, ia meliputi berbagai daerah dan seringkah terbentang lebih dari ribuan atau bahkan jutaan mil persegi. Dengan kata lain, comunity-comunity adalah sub-sub unit di dalam society. Dari satu segi, community dapat dipandang sebagai atau semacam super-community (bentuk kelanjutan dari community). Sebagai definisi, society adalah sekelompok orang yang telah menjadi satu kesatuan wilayah, fungsional dan kultural. Maksudnya adalah bahwa di samping sebagai suatu unit (kesatuan) sosial yang menempati suatu daerah geografis yang dapat ditentukan, dan disamping sebagai suatu kesatuan sosial yang para anggotanya diikat oleh ikatan-ikatan ketergantungan satu sama lain, society adalah juga kelompok yang para anggotanya sama-sama mempunyai warisan kultural (kebudayaan ) yang jelas, yang secara unik menjadi kepunyaannya sendiri.

Apabila deskripsi ini ditelaah, maka yang dimak-sud oleh Ronald Freedman dengan society ini adalah, misalnya suatu bangsa, yang di dalamnya terdiri dari berbagai suku bangsa (suku bangsa dipandang sebagai suatu community), atau suatu negara yang di dalam-nya terdapat propinsi atau negara bagian (baik pro-pinsi maupun negara bagian dipandang sebagai komu-nitas). Apabila demikian halnya, maka konsepsi Ro-nald Freedman mengenai society ini adalah sama dengan community (komunitas) besar yang pengerti-annya dikembangkan oleh Koentjaraningrat. Sedangkan ephemeral groups merupakan kelom-pok-kelompok sementara, dan di dalam phylum ini terdapat beberapa sub tipe yaitu crowds (kerumunan), mobs (gerombolan orang) dan audiences (hadirin). Dengan tipe ephemeral yang demikian ini, kiranya sulit bagi kita untuk menerimanya sebagai kelompok sosial menurut standard sosiologi dengan kriteria yang telah kita sepakati sebelumnya.

Incoming search terms:

  • Bentuk bentuk kelompok sosial
  • bentuk kelompok sosial
  • bentuk-bentuk kelompok sosial
  • pengertian ephemeral group
  • Sebutkan bentuk bentuk kelompok sosial
  • Bentuk2 kelompok sosial
  • bentuk bentuk kelompok
  • faktor pembentuk kelompok sosial
  • tuliskan bentuk bentuk kelompok sosial
  • ephemeral group

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *