Advertisement

ANGGAR merupakan cabang olahraga yang berkembang dari seni berkelahi dengan menggunakan pedang. Olahraga anggar terbagi atas tiga jenis, yakn floret, degen dan sabel. Ada pula yang menamakai pembagian jenis anggar itu menjadi foil, epee dan sabre. Pada dasarnya olahraga ini dapat dimainkan oleh atlet pria maupun wanita, namun biasanya untuk golongan wanita hanya dipertandingkan jenis floret.

Selain kondisi tubuh yang baik, seorang atlet anggar harus seorang yang mempunyai daya reflek tinggi, mengambil keputusan dan lincah serta terampil memainkan pedang. Selain itu ia harus mempunya sifat agresif. Karena itulah hampir di semua akadem militer di dunia, olahraga anggar ini selalu diajarkan pada setiap taruhanya.

Advertisement

Di Indonesia cabang olahraga ini kurang terkenal, walau prestasi para atletnya cukup dapat dibanggakan pada pertandingan tingkat regional. Dalam SEA Games, Indonesia sering mendapat beberapa medali. Di arena Olimpiade cabang olahraga ini juga dipertandingkan.

Pakaian. Atlet anggar harus mengenakan pakaian khusus jika ia akan mengikuti latihan maupun per tandingan. Pakaian khusus ini dimaksudkan untuk melindungi kepala dan bagian tubuh lainnya dari kemungkinan luka akibat tusukan pedang. Bagian kepala dilindungi dengan semacam topeng yang bagian depannya terbuat dari semacam kawat kasa. Bagian depan badan, yaitu dada dan perut serta bahu, dilindungi dengan pakaian terbuat dari bahan kanvas tebal. Bagian leher juga dilindungi dengan semacam terpal lunak yang disebut bib. Tangannya juga dilindungi dengan sarung tangan khusus.

Atlet wanita harus mengenakan perlengkapan lain yang berupa mangkuk logam, yang dilapis dengan semacam karet busa. Ukuran peralatan ini juga ada beberapa macam agar dapat disesuaikan dengan ukuran si pemakai.

Walaupun pakaian untuk olahraga anggar sudah dirancang untuk keselamatan, tetapi kecelakaan akibat tusukan pedang lawan pernah juga terjadi. Pada Kejuaraan Dunia Anggar tahun 1986, seorang atlet dari Polandia tewas setelah pedang lawan tandingnya menerobos kasa topeng pelindung kepalanya. Ujung pedang itu ternyata menusuk tepat ke matanya dan menembus tulang di belakang bola mata masuk ke otak. Sejak peristiwa itu Federasi Olahraga Anggar Internasional (F1E) memberlakukan peraturan untuk memeriksa mutu dan kekuatan topeng pelindung yang akan dikenakan setiap atlet dalam pertandingan.

Olahraga anggar adalah mengadu keterampilan atlet dalam memainkan atau menggunakan pedang. Anggar hanya dimainkan oleh dua atlet, satu lawan satu, berhadap-hadapan di atas pentas tanding berukuran lebar 2 meter dan panjangnya paling sedikit 13 meter. Umumnya, yang dipakai dalam pertandingan internasional, pentas tanding itu panjangnya 15 meter. Pertandingan dipimpin oleh seorang wasit dibantu dua orang pembantu wasit. Mereka juga dibantu dengan peralatan elektronik yang akan memastikan apakah tusukan itu mengena sasaran atau tidak. Ujung pedang yang digunakan pada olahraga anggar, jika mengenai sasaran, akan menyebabkan li u di meja wasit menyala. Jadi, ujung pedang itu beri ungsi seperti sakelar pada lampu listrik. Sebuah kabel panjang menghubungkan pedang itu dengan sebuah peralatan yang disebut apparatus of judging berlampu di meja wasit. Dari ujung gagang pedang kabel itu dilewatkan tangan pemain, lalu keluar lewat punggungnya dan menuju meja wasit. Selama per¬tandingan berlangsung, pemain tak diperbolehkan memindahkan pedang itu dari tangan kanan ke tangan kiri dan sebaliknya.

Pada jenis anggar ini, pedang yang digunakan panjangnya 90 sentimeter, tak termasuk bagian pedang yang digunakan sebagai pegangan tangan. Mata pedangnya lentur.

Atlet anggar jenis floret ini hanya boleh bergerak maju dan mundur, dan serangan-serangan atau tusukannya diarahkan hanya pada torso. Yang disebut torso adalah dada, perut, bawah perut dan bahu depan. Serangan atau tusukan yang mendapat nilai, hanya jika ujung pedang itu mengena tepat pada torso. Kalau ujung pedang hanya mengenai kepala, tangan atau bagian badan lainnya, ia tidak memperoleh nilai. Begitu pula, kalau dalam tusukan itu pihak lawan juga berhasil  menusukkan pedang floretnya ke dada atlet lawan tandingnya, maka keduanya tidak mendapat nilai. Jadi, nilai hanya dapat diperoleh bilamana tusukannya tepat ke torso dan lawan yang ditusuk tidak membalas atau menangkisnya. Yang dianggap sebagai pemenang adalah atlet yang lebih dulu mengumpulkan lima angka dari 6 menit masa tanding. Anggar jenis floret juga biasa disebut foil.

Degen. Pedang yang dipakai pada olahraga anggar jenis degen juga berukuran panjang 90 sentimeter. Potongan lintang mata pedang itu mirip bentuk segi tiga. Pedang ini juga cukup lentur, walau tidak selentur pedang floret. Sasaran yang mendapat nilai adalah seluruh tubuh lawan, mulai dari kepala sampai ke kaki, termasuk tangan. nusukkan pedangnya bersamaan waktunya, keduanya berhak mendapat nilai. Pemenangnya adalah yang lebih dahulu mengumpulkan nilai lima. Lama pertandingan setiap babaknya adalah enam menit. Permainan anggar jenis degen ini juga disebut epee. Salah satu dari lima cabang olahraga Panca Lomba Modern adalah anggar jenis degen.

Sabel Olahraga anggar jenis sabel atau sabre juga menggunakan pedang yang bentuk potongan lintangnya seperti segi tiga, namun pada salah satu sisinya ada alur yang dalam. Adanya alur itu membuat potongan lintang itu menyerupai huruf Y, Panjang pedang sabel hanya sekitar 86 sentimeter.

Sasaran yang berhak mendapat nilai adalah apabila ujung pedang dapat menusuk bagian torso, kepala atau tangan lawannya. Tusukan pada bagian perut ke bawah, tidak dinilai. Peraturan pertandingan pada anggar jenis sabel banyak persamaannya dengan pada jenis floret. Pemenang pertandingan adalah atlet yang lebih dahulu mengumpulkan nilai lima dari 6 menit masa tanding.

Incoming search terms:

  • anggar
  • olahraga anggar
  • Permainan anggar
  • olahraga pedang
  • cara bermain anggar
  • permainan anggar anggaran
  • nama permainan pedang
  • olah raga anggar
  • nama olahraga yang menggunakan pedang
  • atlet anggar

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • anggar
  • olahraga anggar
  • Permainan anggar
  • olahraga pedang
  • cara bermain anggar
  • permainan anggar anggaran
  • nama permainan pedang
  • olah raga anggar
  • nama olahraga yang menggunakan pedang
  • atlet anggar