Advertisement

CUPANG
Termasuk ikan hias akuarium. Ikan ini tahan terhadap kekeringan karena memiliki organ pernapasan tambahan yang disebut labirin. Organ yang berbentuk lembaran-lembaran ini berfungsi untuk mengambil oksigen langsung dari udara. Dengan demikian, pada perairan yang kurang mengandung oksigen, ikan ini masih dapat bertahan hidup untuk sementara waktu. Makanan yang disukainya adalah hewan hidup seperti kutu air, cacing, atau jentik nyamuk. Dalam keadaan memaksa, ikan kering pun dimakannya. Pemijahan umumnya dilakukan di dalam akuarium.

CUPANG SETRIP . Hidup di sungai kecil atau rawa yang penuh tumbuhan air. Daerah sebarannya cukup luas, dari Thailand sampai Kalimantan. Perbedaan antara ikan jantan dan betina terlihat jelas, karena ikan jantan mengalami pemanjangan sirip ekor dan dubur.

Advertisement

Ukurannya dapat mencapai 6 sentimeter. Warna tubuhnya cokelat muda agak kemerahan dengan punggung cokelat kehitaman. Di sisi tubuhnya, terdapat 2—4 jalur memanjang berwarna cokelat tua kehitaman, 2 jalur memanjang dari belakang mata sampai pangkal ekor, dan 1 jalur paling atas yang seolah-olah terpotong di bagian depan tubuhnya oleh bercak cokelat dan dilanjutkan ke arah kepala oleh garis samar-samar. Jalur lainnya dimulai dari sekitar pertengahan tubuh sampai pangkal ekor. Siripnya berwarna cokelat muda dengan bintik-bintik cokelat tua.

Dalam alam, cupang hidup pada tempat-tempat tertutup, karena sifatnya pemalu. Ikan ini senantiasa bersembunyi di antara tanaman air dan menghindari ikan- ikan jenis lainnya.

Pengembangbiakan sudah dapat dilakukan di akuarium. Ikan jantan akan membuat sarang busa di permukaan air. Perkawinan dilakukan dengan cara berpelukan. Telurnya dikeluarkan oleh ikan betina dan dibuahi oleh ikan jantan. Setelah selesai, ikan jantan akan memunguti telur tersebut dengan mulutnya dan meletakkannya pada sarangnya. Sarang ini dijaga oleh ikan jantan. Ikan betina sebaiknya segera dipindahkan. Telurnya berjumlah 50—100 butir.
Klasifikasi Ilmiah. Cupang setrip termasuk marga Ctenop jenis C. vittatus.

Incoming search terms:

  • pengertian cupang

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian cupang