Advertisement

Suatu jenis tumbuhan memanjat yang dibudidayakan terutama untuk diambil buahnya. Tanaman menahun ini asli dari daerah Asia Tengah. Batangnya lunak dan berbulu. Helai daunnya bundar, berlekuk, dengan tepi bergelombang. Bunganya kecil dengan garis tengah 2,5 sentimeter, berwarna kuning, dan muncul di ketiak daun. Buahnya yang bundar berwarna hijau sampai kekuningan dengan goresan berupa garis-garis kuning muda tak beraturan. Daging buahnya hijau muda sampai kuning muda dan berbau harum. Mirip kerabat dekatnya, yaitu semangka dan ketimun, buah melon mengandung banyak air. Bijinya kecil, pipih, dan banyak.

Klasifikasi llmiah. Melon termasuk suku Cucurbitaceae (timun-timunan); nama ilmiahnya Cucumis melo.

Advertisement

MELUR merupakan kelompok tumbuhan berupa pohon yang berukuran sedang sampai sangat tinggi. Daunnya kecil melanset, menjarum atau menyisik. Pohon ini berumah dua, bunganya berupa kerucut yang terdiri atas banyak sekali sisik tersusun spiral.

Kelompok tumbuhan melur mempunyai kayu berwarna kuning ros, merah, atau cokelat muda. Kayu yang bertekstur agak halus dengan serat lurus ini termasuk golongan kayu dengan kekerasan sedang. Kayu ini berdaya kembang-susut dan berdaya retak kecil serta mudah dikerjakan, sedangkan warna dan teksturnya bagus, sehingga baik untuk pembuatan mebel, bahan ukiran, vinir, alat-alat gambar, dan bahan pulp dengan proses sulfat. Berat jenisnya 0,38 0,77; kelas awetnya IV; dan kelas kuatnya II IV.

Daerah penyebaran jenis-jenis melur meliputi Aceh, Sumatra Barat, Sumatra Utara, Bengkulu, Jawa, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi, Maluku, Irian Jaya, dan Nusa Tenggara. Suatu jenis melur, yakni Podocarpus blumei, dapat digunakan sebagai indikator sifat gambut dalam dari tempat yang ditumbuhinya.

Klasifikasi llmiah. Melur (Dacrydium spp.) termasuk suku Podocarpaceae (jemuju-jemujuan). Nama ilmiah melur adalah Dacrydium elatum; dan melur tali Dacrydium junghuhnii. Dalam dunia perdagangan kayu lokal, misalnya di Jawa Barat, kelompok kayu bermarga Podocarpus, misalnya P. blumei, P. imbricatus, P. motleyi, dan P. neriifolius, dikenal dengan nama ki putri, sedangkan kayu dari marga Dacrydium, misalnya D. baccarii dan D. junghuhnii, disebut jamuju.

 

 

Incoming search terms:

  • materi dacridium

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • materi dacridium