Advertisement

CARA KERJA KARBURATOR – Bagian sistem pencatu bahan ba­kar yang dipasang sebelum saluran masuk mesin pada sebuah motor Otto. Karburator berfungsi mencampur semburan bahan bakar dan udara untuk dibakar di da­lam silinder motor. Pada kendaraan bermotor roda empat, posisi karburator lebih tinggi dari tangki bahan bakar, sehingga dibutuhkan sebuah pompa untuk mengalirkan bahan bakar dari tangki menuju ruang pelampung karburator.

Karburator harus menghasilkan campuran udara- bahan bakar yang sesuai untuk berbagai kondisi kerja karena perubahan-perubahan pembebanan, kecepatan putaran motor, maupun daya yang dihasilkan. Banyak dan ketepatan campuran bahan bakar dan udara sa­ngat menentukan kestabilan kerja motor, kebutuhan bahan bakar, kesempurnaan pembakaran dalam ruang bakar, dan juga mempengaruhi kualitas gas buang­nya. Pembakaran sempurna dapat menghasilkan ke­butuhan bahan bakar paling ekonomis dan pancaran gas buang paling sedikit.

Advertisement

Sebuah mesin membutuhkan campuran gemuk (ka­ya bahan bakar dengan sedikit udara) saat pertama ka­li dihidupkan, terutama di pagi hari di musim dingin. Untuk tujuan ini, sebuah karburator membutuhkan katup cuk {choke, pencekik) atau bahkan karburator starter tambahan. Karburator juga harus dapat menja­ga kondisi kecepatan stasioner bila motor dihidupkan tanpa beban, saat kopling dilepaskan^ atau setelah pe­ngereman mendadak. Pada kecepatah normal, karbu­rator harus dapat menghasilkan campuran udara dan bahan bakar yang paling ekonomis.

Secara umum karburator terdiri atas fcmpat bagian, ” yakni ruangan pelampung, taburig ventuiri, katup cuk, dan katup penutup. Selain itu, karburator juga dileng­kapi pompa akselerator (percepatan) yang bekerja memperkaya campuran bahan bakar-udara secara otomatis bila katup gas dibuka penuh secara mendadak untuk menghasilkan daya maksimum sesaat.

Ruang Pelampung merupakan tangki kecil pe­nyimpan bahan bakar di dalam karburator. Ruang ini berfungsi menyimpan sejumlah bahan bakar siap pa­kai di dalam karburator. Sewaktu ruang ini penuh ba­han bakar, pelampung akan mengapung di bagian atas dan sebuah katup secara otomatis menutup lubang sa­luran masuk bahan bakar. Selama mesin berputar pa­da waktu bahan bakar digunakan, bahar, bakar di ruang pelampung berkurang dan pelampungnya tu­run, sehingga katup saluran masuk bahan bakar terbu­ka kembali. Dan bahan bakar mengalir ke ruang pelampung lagi.

Tabung Venturi adalah tempat pencampuran ba­han bakar dan udara. Udara masuk ke dalam tabung melalui saringan udara yang menghalangi masuknya debu dan kotoran. Bahan bakar mengalir dari ruang pelampung ke tabung venturi melalui beberapa nozel.

Bagian sempit tabung venturi menyebabkan aliran udara yang lewat bertambah kecepatannya dan berku­rang tekanannya. Pengurangan tekanan udara men- ciptakan ruang hampa yang menarik bahan bakar dari nozel ke dalam venturi. Nozel utama memasok lebih banyak bahan bakar ke dalam tabung venturi diban­ding kecepatan mesin. Ketika terjadi percepatan men­dadak, pompa, yang berhubungan dengan akselerator, mensuplai kekurangan bahan bakar. Ketika putaran mesin sangat rendah, ruang hampa di venturi bagian^ bawah tidak cukup kuat untuk menghirup bahan bakar dari nozel utama. Namun gerakan piston di dalam me­sin menciptakan ruang hampa yang menyedot bahan bakar dari nozel tambahan.

Panas mesin menguapkan cairan bahan bakar di da­lam venturi. Uap bahan bakar bercampur udara di dalam tabung dan campuran udara-bahan bakar mengalir keluar dari karburator menuju ke saluran masuk mesin. Saluran membagi-bagi campuran me­nuju silinder-silinder mesin.

Katup Cuk mengatur banyaknya udara yang masuk Yc dalam karburator. Katup cuk dipasang antara sa­ingan udara dan tabung venturi. Di sebagian besar mobil, cuk dikendalikan secara otomatis oleh suhu mesin. Mesin dingin membutuhkan lebih banyak ba­han bakar dan sedikit udara untuk menjalankan mesin. Karena itu, ketika mesin dingin, cuk ditutup agar mempersedikit udara yang masuk ke karburator sehingga mesin memperoleh lebih banyak bahan ba­kar.

Katup Penutup mengatur jumlah bahan bakar-uda­ra yang masuk ke saluran ruang pembakaran. Katup penutup berada di antara nozel utama dan nozel pem­bantu tabung venturi. Terbukanya katup penutup me­nyebabkan campuran bahan bakar-udara yang mengalir ke dalam mesin lebih banyak, sehingga ke­cepatan mesin lebih tinggi dan mobil berjalan lebih cepat. Pengemudi menekan pedal gas untuk membuka katup penutup dan melepaskan untuk menutupnya kembali.

Incoming search terms:

  • cara kerja venturi pada karburator
  • bahan bakar keluar menuju venturi melewati
  • pengertian venturi
  • pengertian venturi karburator
  • jelaskan arti dari campuran gemuk
  • pengertian venturi pada karburator
  • pengertian campuran gemuk
  • cara kerja venturi karburator
  • bahan bakar menuju venturi melewati
  • cara kerja dari venturi pada karburator

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • cara kerja venturi pada karburator
  • bahan bakar keluar menuju venturi melewati
  • pengertian venturi
  • pengertian venturi karburator
  • jelaskan arti dari campuran gemuk
  • pengertian venturi pada karburator
  • pengertian campuran gemuk
  • cara kerja venturi karburator
  • bahan bakar menuju venturi melewati
  • cara kerja dari venturi pada karburator