Advertisement

Sejarawan seni telah mengidentifikasi Tua Style kreativitas yang juga disebut sebagai ” ” Altersstil elemen meliputi meningkatnya rasa drama , sebuah interpretasi yang lebih mendalam dari sifat manusia, lebih insting , pendekatan yang kurang dipelajari , longgar , lebih bebas sikat – kerja , bentuk korporeal lebih amorf , kompresi ruang sehingga angka tenun dekat dengan gambar pesawat , berkurangnya penekanan pada pengaturan dan rincian latar belakang , tema kematian , dan penekanan pada kesatuan dan integrasi .

Untuk mendukung pengamatan bahwa seniman tua mungkin menggunakan gaya kurang dipelajari dengan looser , lebih bebas sapuan kuas , banyak dari mereka yang telah menjadi dikenal sebagai seniman rakyat mulai melukis di kemudian hari mereka. Gene Cohen melaporkan bahwa 60 % dari para seniman dalam pameran terbaru dari seni rakyat kontemporer yang berusia di atas 60 . Salah satu seniman rakyat yang paling terkenal dan paling produktif , Grandma Moses , mulai melukis di 70 nya .

Advertisement

Sebuah contoh dari Old Age Style dapat dilihat dalam lukisan Homer Win – lambat berjudul ” Kiri dan Kanan . ” Dia melukis ini pada usia 73 , setelah pulih dari stroke dan tahun sebelum kematiannya . Ini adalah gambar dramatis dari dua bebek tepat setelah satu telah ditembak dan saat sebelum kedua kemungkinan akan ditembak oleh shell di pemburu barel lainnya . Burung-burung yang ditekan melawan latar depan . Latar belakang tidak memiliki rincian . Ini menggambarkan sebuah laut abstrak dan langit . Keseimbangan ada antara burung betina di sebelah kanan yang sedang sekarat dan burung laki-laki di sebelah kiri yang berpegang pada kehidupan . Lukisan ini memiliki gaya yang sama sekali berbeda dari lukisan sebelumnya Homer menampilkan foto sun-dipenuhi orang .

Sebuah gaya tertentu untuk usia tua telah dilaporkan di bidang lain selain melukis . Misalnya, sebagai Csikszentmihalyi menulis , ” ilmuwan di usia tua . . . tampaknya membuang semua hati-hati untuk angin , keluar dari batas-batas disiplin dan mulai mengaitkannya dengan masalah besar keberadaan ” (1997 , 232 ) . Penulis tua sering menjadi lebih filosofis dan sinis , dan cenderung menggunakan lebih metafora dan karakter yang lebih tua .
Dalam studinya tujuh orang kreatif yang membuatnya berpikir membantu mengubah arah abad ini , Howard Gardner menggambarkan akhir perubahan hidup dalam gaya kreativitas . Albert Einstein di kemudian hari berubah dari fokus pada rumus teoritis untuk kebijakan publik . Sigmund Freud juga beralih gayanya di kemudian hari dari menulis tentang studi kasus medis untuk ide-ide yang lebih luas tentang peradaban dan budaya . Pada akhir hidupnya Martha Graham membuat perubahan dramatis . Dalam hidupnya ia koreografer tarian muda untuk dirinya sendiri . Kemudian pada usia 73 ia muncul kembali sebagai direktur rombongan sendiri , dan mulai tur negara memberikan demonstrasi kuliah untuk mendidik massa tentang visinya tari modern .

Meskipun pola-pola ini telah diamati di banyak karya kreatif , kesulitan dengan generalisasi adalah bahwa mereka didasarkan pada kasus tertentu . Orang bisa berargumen bahwa sejarawan seni yang telah mencatat tren ini memilih seniman tua yang sesuai hipotesis mereka dan mengabaikan dua kelompok: banyak seniman yang lebih tua yang tidak sesuai dengan tren ini dan banyak seniman muda yang melakukan . Dalam menanggapi kritik-kritik ini , Lindauer melakukan penelitian untuk melihat apakah penilai buta dengan usia seniman bisa mengidentifikasi gaya bagi para seniman tua . Dia memiliki mahasiswa menilai karya 24 seniman ketika mereka lebih tua dan lebih muda . Konsisten dengan deskripsi dari Old Age Style , ia menemukan bahwa siswa cenderung menilai karya seni yang lebih tua lebih holistik dan kurang rinci . Tampaknya penting untuk mengulang penelitian ini dengan hakim yang lebih tua , namun, sebelum membuat kesimpulan tentang kegunaan dari gaya usia tua . Studi yang dilakukan Lindauer dengan siswa collegeaged juga mendukung hipotesis kami sebelumnya tentang pemirsa muda membuat kurang perbedaan dalam seni seniman tua karena mereka adalah anggota dari sebuah outgroup . [ Lihat STYLE AGE OLD . ]

Advertisement