Advertisement

CARA MEMBUAT KEMASAN YANG BAIK – Adalah benda dan cara untuk mengepak barang dagangan, dan wadah yang dirancang dengan tepat. Kemasan mempunyai beberapa fungsi: sebagai wadah, bahan pelindung barang, sebagai alat memar sarkan, serta sebagai alat bantu identifikasi. Yang terakhir terasa penting dalam pabrik obat, karena banyak” tablet atau kapsul terlalu kecil untuk dibubuhi berba­gai tanda. Apalagi ada ketentuan dari Departemen  kesehatan bahwa sedapat mungkin tablet atau kapsul itu dibubuhi nama pabrik pembuatnya, sehingga makifl kecil ruangan tersisa untuk membubuhkan identifikar si yang lebih terinci. Kapsul dapat dianggap sebagai benda kemasan, namun Departemen Kesehatan me­ngelompokkan kapsul sebagai bahan pembantu tak* aktif, karena kapsul ikut dimakan.

Suatu aspek lain kemasan adalah kenyamanan bagi jubeli maupun produsen. Misalnya kemasan untuk kanan beku hendaknya merupakan pula wadah ke- j^kanan ini dipanaskan di dalam oven, dan me­makan piring ketika makanan ini disantap, misalnya ? depan pesawat televisi. Botol madu yang setelah f song dapat dijadikan gelas minum juga akan mempunyai daya tarik tersendiri, di samping mengurangi Lrjubelnya gudang dengan barang tak terpakai.

Advertisement

Jenis kemasan beraneka macam; dapat sekecil lembaran aluminium yang berisi satu tablet sampai sebesar kotak untuk mengemas mesin pembeku (freezer). Dilihat dari bahannya kemasan juga dapat berupa ka­ca plastik, logam, kertas dan bahkan kayu. Dalam industri manufaktur, penetapan suatu ke­pasan dapat melibatkan banyak pihak sehingga pro­sedurnya dapat bertele-tele. Ketentuan di luar pabrik fcarus ditepati; dalam hal obat ketentuan Departemen Kesehatan, dalam hal lain ketentuan Departemen Per­dagangan, kadang Departemen Perindustrian. Kemu­dian sehubungan dengan pengangkutan dan penga­palan, berbagai ketentuan pengapalan harus pula di- taati.

Ketentuan intern dapat mencakup pemesanan, per­gudangan dan permesinan pada bagian produksi. Ba­gian produksi harus memastikan bahwa benda kemasan itu akan lewat dengan lancar dalam sistem permesinan produksi: penghantaran pada ban berja­lan, pengisian, penutupan, dan pembubuhan etiket. Bagian pemasaran harus memastikan bahwa benda kemasan itu akan menarijc pembeli. Bagian pembelian harus bisa mencari pemasok yang sanggup mensuplai dengan teratur benda kemasan dengan kualitas stan­dar. Dalam hal kemasan polos, seperti botol kosong dan berbagai kotak, dilakukan penyeragaman untuk sejumlah produk yang beraneka ragam.

Peran kemasan dalam memperdagangkan barang menjaii; makin penting, dengan makin meluasnya sis­tem swalayan. Diperkirakan seorang konsumen dalam menyusuri rak peragaan dalam pasar swalayan akan melewati 300-an barang dalam 1 menit. Jadi jelas bah­wa kemasan harus menarik. Namun kemasan tanpa di­dukung kualitas barang dagangan tidak akan berhasil dalam memasarkan barang itu.

Incoming search terms:

  • cara bikin kemasan tablet
  • cara membuat kemasan dagangan
  • cara membuat kemasan kapsul
  • Cara pembuatan kemasan untuk tablet
  • keterangan kemasan kotak ban dalem
  • tips membuat kemasan yang baik

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • cara bikin kemasan tablet
  • cara membuat kemasan dagangan
  • cara membuat kemasan kapsul
  • Cara pembuatan kemasan untuk tablet
  • keterangan kemasan kotak ban dalem
  • tips membuat kemasan yang baik