Advertisement

CARA MEMBUATKISMIS DENGAN BENAR – Suatu jenis makanan dari buah anggur ma­nis yang telah dikeringkan. Digunakan berbagai jenis anggur, namun yang paling umum adalah varietas tan­pa biji. Kismis telah dikenal oleh bangsa Persia seki­tar tahun 2000 SM.

Kismis mengandung gula (fruktosa dan monosaka­rida lain) sekitar 70 persen. Di samping itu kismis me­ngandung vitamin A, vitamin B (tiamina dan ribofla­vin), besi, dan tembaga. Kismis dapat dimakan langsung, misalnya sebagai manisan, maupun secara tidak langsung sebagai bahan variasi puding, kue, ataupun roti.

Advertisement

Cara pembuatan: mula-mula anggur dijemur di ke­bun, kemudian dikeringkan lebih lanjut dalam oven di bawah 100°C. Setelah itu anggur dipilaji-pilah menu­rut kualitas, dibersihkan, dan dikemas. Cara ini akan menghasilkan kismis yang cokelat kehitaman. Bila , diinginkan warna yang lebih muda, haruslah dihin­darkan penjemuran langsung. Anggur itu dicelup ke dalam larutan kalium karbonat berminyak, kemudian diangin-angin dalam rak kawat. Akan diperoleh kis­mis kuning kehijauan sampai cokelat. Bila diinginkan warna yang lebih muda lagi, dapatlah buah anggur itu selalu dikenai udara yang mengandung gas sulfur dioksida. Produsen kismis di dunia ialah Amerika Serikat (Kalifornia), Australia, Turki, Iran, Yunani, dan Afri­ka Selatan.

Advertisement