Advertisement

Menanam ananas dengan mahkotanya.

1 Mahkota nenas dipotong dengan menyisakan sebagian dagingnya, tepat di bawah pangkal mahkota.

Advertisement

2.         Mahkota ananas ditanam dengan membenamkan bagian sisa daging dan pangkal daun yang paling bawah. Daun-daun di atasnya dibebaskan dari timbunan tanah.

3.         Sekitar empat minggu kemudian, akar akan keluar dari bagian sisa daging. Pada saat itu, kedudukan ananas muda itu dapat diperkuat dengan menambahkan sedikit tanah di sekitar pangkal daun yang paling bawah.

Tinggi nenas mencapai 60—90 sentimeter. Berat buahnya dapat mencapai 0,75—1 kilogram untuk jenis Bogor dan 2—4 kilogram untuk jenis Palembang. Buah yang matang berwarna kuning jingga. Saat matang petik ditandai dengan menguningnya tiga mata. Nenas Palembang dan Subang masih berwarna hijau sewaktu matang. Pada ujung buahnya ada jambul yang merupakan kumpulan daun kecil. Bagian ini digunakan untuk alat biak.

Daging buahnya berwarna kuning, jingga, atau putih. Bila dikupas, ada mata yang harus dibuang. Pembuangan mata dilakukan dengan tangan walaupun pengupasan dan pembuangan sumbu dapat dilakukan dengan mesin. Sumbunya disebut ati. Bagian ini sesungguhnya merupakan bijinya. Jenis smooth cayenne tidak berbiji. Matanya datar sehingga bagian yang terkupas cukup tipis. Seleksi yang lama membuat jenis ini berbentuk seperti tabung, tidak berbentuk kerucut. Jenis ini baik untuk pengalengan.

Advertisement