Advertisement

CARA MENANAM KELAPA SAWIT – Suatu jenis pohon palem yang tingginya 6-15 meter. Tajuknya lebar. Panjang daunnya mencapai 6 meter, sedangkan jumlahnya 20 – 30 daun. Karangan bunganya yang berwarna coke­lat tampak di ketiak daun. Bunga ini tersusun atas bu­nga berkelamin tunggal. Buahnya kecil dan berbentuk bulat telur. Buah ini mempunyai kulit buah licin; di bawahnya terdapat serabut dan tempurung. Di dalam biji, terdapat massa yang kaya akan minyak.

Diperkirakan, kelapa sawit berasal dari Teluk Gui­nea, Afrika, tetapi kini telah tersebar di daerah tropika lainnya. Habitat yang disukainya adalah daerah bersu­hu udara 24 – 27°C, berkelembapan tinggi, dengan curah hujan per tahunnya sekitar 200 milimeter. Po­hon ini diperkirakan masuk ke Jawa pada tahun 1848. Di Indonesia, banyak perkebunan kelapa sawit dite­mukan di Sumatra. Perbanyakannya dengan biji yang disemai terlebih dahulu. Tanaman ini menghasilkan buah pada tahun kelima. Setelah itu, pohon ini tetap menghasilkan buah selama 50 – 80 tahun.

Advertisement

Kelapa sawit dapat menghasilkan dua jenis mi­nyak, yakni minyak yang diambil dari daging buah- nya dan minyak yang berasal dari tempurungnya. Da- jng nuahnya mengandung 50-70 persen minyak. Minyak ini lebih cair dan biasa dipakai dalam industri flientega dan lilin. Minyak yang berasal dari tem­purungnya mengandung 50 persen asam laurat dan terutama penting dalam industri sabun. Tempurung­nya dapat dibuat perhiasan. Ampas daging buahnya dijadikan pakan ternak. Selain itu, daunnya juga dapat menghasilkan serat.

 

Advertisement