Advertisement

CARA MENANAM POHON KARET – Mempunyai tinggi lebih dari 30 meter. Batangnya berwarna abu-abu muda. Daunnya majemuk dengan 3 helai anak daun. Anak daun ini berbentuk elips dengan ujung runcing. Dari muda ke tua, anak daun ini berwarna hijau, lalu merah tua, ke­mudian berubah menjadi cokelat. Bunganya berkela­min tunggal, baik jantan maupun betina. Bunga ini harum dan berwarna keputih-putihan. Penyerbukan­nya dibantu angin. Ketika matang, buahnya pecah de­ngan menimbulkan suara dan melemparkan biji sampai sejauh 13 meter. Bijinya berwarna cokelat dan beracun.

Pohon karet berasal dari Brasilia, Amerika Selatan. Pohon ini tumbuh baik di daerah dataran rendah sam­pai 1.000 meter di atas permukaan laut yang mempu­nyai suhu sekitar 27°C, dengan curah hujan 2.000 milimeter per tahun, udara lembap, dan tanahnya gembur. Perbanyakannya dengan biji atau tempelan tunas dan mata.

Advertisement

Pohon karet dibudidayakan terutama untuk diambil lateksnya. Pada umur 7 tahun, pohon karet telah dapat disadap dengan cara menoreh pepagan pohon secara spiral. Di akhir irisan diletakkan mangkuk untuk me­nampung lateks yang keluar. Beberapa jam kemudian, [nangkuk tersebut sudah terisi lateks. Lateks, yang di­kenal jUga sebagai karet alami, ini mengandung 33 persen karet, 2 persen resin, 1,8 persen protein, dan air. Selanjutnya getah dibawa ke pabrik.

Karet dapat dijual dalam bentuk cair. Untuk itu ge­tah diberi amonia agar tidak terkoagulasi. Karet dapat dijual juga sebagai karet mentah dalam bentuk drop­let. Untuk itu lateks dicampur dengan asam format dan asam asetat sehingga terkoagulasi. Selanjutnya, karet diproses sebagai crumb rubber, yakni potongan, serpihan, atau helaian karet kering; ribbed smoke she­et, yaitu potongan karet yang terlebih dahulu dike­ringkan dengan asap; dan pale creep yaitu karet yang berwarna kuning pucat.

Incoming search terms:

  • pengertian pohon karet

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian pohon karet