CARA MENANGKAL PERANG BENCANA: KEMUNGKINAN ADANYA SUATU NEGARA DUNIA MASA DATANG – Jika suatu perang inti besar pecah pada masa awal abad berikut, maka tidak perlu berupa suatu perang nuklir, tetapi kemungkinan besar akan melibatkan senjata-senjata nuklir. Karena itu ada suatu kemungkinan yang nyata dalam masa depan yang tak terlalu lama suatu peperangan yang membinasakan peradaban dan barangkali mengancam eksistensi hidup manusia. Apa yang dapat dilakukan untuk menangkal bencana demikian yang belum pernah terjadi selama ini? Chase-Dunn (1989b; Bornschier dan Chase-Dunn, 1985) telah menandaskan bahwa jawabnya terletak pada penciptaan suatu negara dunia. Inilah sistem politik yang akan memusatkan keputusan politik dan ekonomi yang dibuat berdasarkan suatu skala dunia. Negara dunia ini akan rnenghapuskan sistem negara-bangsa yang bersaing dan bertentangan — sistem antar negara — yang telah menjadi ciri ekonomi-dunia kapitalis selama kira-kira 500 ta_hun. Karena itu, an.caman perang yang menghancurkan durtia akan sangat dikurangi kalau bukan dihapuskan. Sebagai tambahan, suatu negara demikian dapat merupakan suatu alat yang sangat efektif dalam menghapuskan ketidaksamaan dalam distribusi sumber daya ekonomi seluruh dunia u1i, dan dengan demikian dapat berbuat banyak ke arah perbaikan masalah-masalah besar keterbelakangan ekonomi di Dunia Ketiga.

Chase-Durm mengemukakan bahwa suatu negara dunia masa datang perlu menggabungkan ciri-ciri terbaik dari kapitalisme dan sosialisme. Negara dunia itu harus mengandung suatu sistem pengambilan keputusan politik dan ekonomi yang tersentralisasi, tapi pada saat yang sama cukup terdesentralisasi untuk memungkinkan kecenderungan adanya perbedaamperbedaan lokal dan nasional dan perbedaan-perbedaan budaya yang penting. Apa yang sesungguhnya dipikirkan. oleh Chase-Dunn ialah semacam federasi yang akan menghapuskan bentuk-bentuk perjuangan yang terburuk dan paling berb ahaya di antara negara-negara bangsa, sementara sekaligus memungkinkan mereka untuk mempertahankan sebagian besar identitas mereka. Jadi, negara dunia itu bukan merupakan suatu masyarakat politilc tunggal, tetapi suatu struktur yang secara artifisial tampil untuk mengawasiberfungsinya politik dan ekonomi berbagai masyarakat individual.

Chase-Dunn mengakui bahwa memang terdapat bahaya yang besar yang inheren dalam terciptanya suatu negara dunia. Kemungkinan lain ialah bahwa negara demikian dapat menjadi semacam monsternya Orwell, yakni suatu negara yang demikiEm berkuasanya sehingga negara itu dapat menjadi ancaman terhadap semua jenis kebebasan individu. Akan tetapi, ia percaya bahwa risikonya patut diterima karena risiko altematifnya —hancurnya spesis manusia secara menyeluruh — adalah sama besamya dan jauh lebih dahsyat. Lagi pula, jika kita ketahui terlebih dahulu risiko yang dapat diperhadapkan oleh negara terhadap kebebasan individu, maka kita dapat mengambil langkah-langkah penting untuk berusaha menangkal risiko itu kemudian.

Saya sangat setuju dengan usul Chase-Dunn, tapi dapat timbul perta-nyaan-pertanyaan yang serius tentang kemungkinan kejadiannya, sekurang-kurangnya dalam jangka ptendek. Jika perang besar berikutnya adalah perang nuklir, danjika tidak lebih dari 20 sampai 40 tahun dari sekarang, maka tinggal seclikit saja waktu untuk menciptakan bentuk struktur politik yang dibayangkan oleh Chase-Dunn. Memang diragukan apakah spesis yang sangat etnosentrik yang dikenal sebagai Homo Sapiens itu dapat menukar ideologi-ideologi nasionalistiknya secara intens dengan ideologi-ideologi yang jauh lebin panhuman dalam waktu yang pendek ini. Selamajangka waktu yang panjang usulusul Chase-Dunn mencapai ukuran realisme yang lebih besar. Namun, pertanyaan yang besar ialah apakah jangka partjang itu akan tiba?

Filed under : Bikers Pintar,